Kompas TV internasional kompas dunia

Fox News Memotong Konferensi Pers Gedung Putih Karena Melempar Tuduhan Tanpa Fakta

Kompas.tv - 10 November 2020, 09:21 WIB
fox-news-memotong-konferensi-pers-gedung-putih-karena-melempar-tuduhan-tanpa-fakta
Sekretaris Pers Gedung Putih Kayleigh McEnany. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Fox News memotong siaran pers dari Gedung Putih, saat baru berlangsung sekitar satu menit. Fox News mengatakan, dengan hati nurani yang baik, mereka tidak dapat terus menyiarkan konferensi pers tersebut.

Dalam konferensi pers, Sekretaris Pers Gedung Putih Kayleigh McEnany sedang memberikan pernyataan.

"Hanya ada satu partai di Amerika yang menentang verifikasi tanda tangan, kewarganegaraan, tempat tinggal dan kelayakan. Hanya ada satu partai di Amerika yang mencoba mencegah pengamat keluar dari ruang penghitungan. Dan partai itu adalah Partai Demokrat,” ujar Kayleigh McEnany.

Baca Juga: Trump Pecat Menteri Pertahanan Mark Esper Melalui Twitter

"Anda tidak mengambil posisi ini, karena Anda menginginkan pemilu yang jujur. Anda tidak menentang audit suara, karena Anda menginginkan penghitungan yang akurat. Anda tidak menentang upaya kami untuk mendapatkan kejelasan dan transparansi, karena Anda tidak menyembunyikan apa pun.

Anda mengambil posisi ini, karena Anda melakukan penipuan dan Anda melakukan pemungutan suara ilegal. Posisi kami jelas. Kami ingin melindungi hak rakyat Amerika. Kami ingin penghitungan yang jujur, akurat, dan sah. Kami ingin kejelasan yang maksimal, kami ingin transparansi.

Kami ingin setiap suara sah dihitung, dan kami ingin setiap suara ilegal dibuang. Tidak seperti lawan kami, kami tidak menyembunyikan apa pun. Integritas pemilihan adalah penting bagi kami.

Baca Juga: Trump Tuding Ada Surat Suara Siluman di Pilpres AS

Konstitusi Amerika Serikat penting. Apa yang telah kita lihat di seluruh negeri adalah para pejabat Demokrat secara sistematis berusaha untuk mengakhiri konstitusi untuk memberi keuntungan pada skala pemilihan yang menguntungkan mereka," ujar Sekretaris Pers Gedung Putih tersebut.

Kemudian pembawa acara Fox News, Neil Cavuto memotong konferensi pers yang baru berlangsung sekitar satu menit itu, dan kemudian membawa penonton kembali ke studio.

"Whoa, whoa, whoa," katanya.

"Saya hanya berpikir kita harus sangat jelas mengenai hal ini. Dia menuduh pihak lain melakukan penipuan dan pemungutan suara illegal. Kecuali dia memiliki bukti lebih lanjut untuk mendukung pernyataannya, saya tidak dapat terus menunjukkan (konferensi pers) ini kepada Anda,” ujar Neil Cavuto kepada penonton.

Baca Juga: Tak Akui Kekalahan, Trump Justru Klaim Kemenangan dan Tuding Kecurangan

"Saya ingin memastikan bahwa mungkin mereka memiliki sesuatu untuk mendukung (tuduhannya). Tapi itu adalah tuduhan yang mereka lakukan, bahwa pihak lain secara efektif melakukan kecurangan dan kecurangan. Jika dia benar-benar memberikan bukti tentang itu, tentu saja kami akan membawa Anda kembali (kepada konferensi pers)," tambahnya.

Sejak dinyatakan kalah dalam pemilihan umum Amerika Serikat, Presiden Donald Trump dan tim kampanyenya terus menerus melemparkan tuduhan bahwa terjadi kecurangan dalam pemilu kali ini. Namun demikian mereka tidak menunjukkan bukti atas tuduhan itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x