Kompas TV internasional kompas dunia

Mantan Presiden Bush: Pemilu 2020 Adil dan Berintegritas

Kompas.tv - 9 November 2020, 02:01 WIB
mantan-presiden-bush-pemilu-2020-adil-dan-berintegritas
Presiden ke-43 Amerika Serikat George W. Bush. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Mantan Presiden Amerika Serikat, George W. Bush mengatakan bahwa rakyat Amerika dapat berkeyakinan bahwa pemilihan umum kali ini pada dasarnya adil, berintegritasnya dan memiliki hasil yang jelas.

Bush yang berasal dari Partai Republik mengatakan, tidak peduli bagaimana pun cara rakyat AS memilih, suaranya tetap dihitung.

Namun demikian, dia menambahkan, Presiden Donald Trump tetap memiliki hak untuk meminta penghitungan ulang dan melakukan gugatan hukum, agar setiap masalah yang belum terselesaikan dapat diadili dengan benar.

Baca Juga: Harapan Palestina atas Terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat

“Sekaranglah waktu bagi kita untuk bersatu demi keluarga dan lingkungan kita, dan untuk bangsa serta masa depan kita," katanya seperti dilansir dari the Associated Press.

Bush mengatakan dia telah berbicara dengan Joe Biden dan berterima kasih kepada presiden terpilih untuk pesan patriotik yang disampaikan Biden pada pidato kemenangannya, Sabtu (7/11/2020) malam.

Bush mengatakan, meski dia dan Biden memiliki perbedaan pandangan politik, namun mantan Presiden itu mengatakan dia tahu Biden akan menjalankan tugasnya dengan baik.

Baca Juga: Ucapan Selamat untuk Joe Biden dari Perdana Menteri Inggris dan Israel

“Biden telah memenangkan kesempatan untuk memimpin dan menyatukan negara kita," tambahnya.

George W. Bush adalah Presiden ke-43 AS. Dia menjabat sebagai Presiden AS dalam masa bakti 2001 hingga 2009. Ia berasal dari Partai Republik, dimana kemenangannya dalam Pemilu tahun 2000 atas calon Presiden AS dari Partai Demokrat Al Gore juga sempat menuai kontroversi.

Penghitungan di negara bagian Florida dihitung ulang karena hasil yang ketat. Akhirnya pada 9 Desember 2000, Mahkamah Agung memutuskan Bush sebagai pemenang pemilu, meski jika dihitung suara keseluruhan, dia mendapatkan 543.895 suara individual yang lebih sedikit daripada Al Gore.

Baca Juga: Teman Baik Trump, Pemimpin Dunia Ini Pilih Tak Selamati Biden

Namun bagaimanapun, dia telah memenangkan 271 suara di electoral vote, dibandingkan Al Gore yang hanya mendapatkan 266 suara di electoral vote.

Bush adalah Presiden AS pertama yang memenangkan pemilihan presiden Amerika, dengan suara populer lebih sedikit daripada pesaingnya, sejak Benjamin Harrison pada tahun 1888.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x