Kompas TV internasional kompas dunia

Jadi Wapres Perempuan Pertama, Ini Pesan Kamala Harris Untuk Anak-anak Amerika

Kompas.tv - 8 November 2020, 14:39 WIB
jadi-wapres-perempuan-pertama-ini-pesan-kamala-harris-untuk-anak-anak-amerika
Wakil Presiden AS terpilih, Kamala Harris saat melakukan pidato kemenangan di Wilmington, Delaware, Sabtu (7/11/2020) malam waktu setempat. (Sumber: PBS News Hour)
Penulis : Abdur Rahim

AMERIKA SERIKAT, KOMPAS.TV – Kamala Harris terpilih sebagai Wakil Presiden perempuan pertama Amerika Serikat.

Ia bersama Presiden terpilih Joe Biden berhasil memenangkan pemilu Amerika Serikat dengan perolehan 290 suara elektoral.

Sementara, rivalnya pasangan Donald Trump dan Mike Pence hanya mendapatkan 214 suara elektoral.

Harris menambahkan, terpilihnya dirinya sebagai Wakil Presiden tak lepas dari keberanian Joe Biden dalam mendobrak pembatas bagi wanita untuk menjadi pemimpin Amerika.

“Karakter Joe memiilki keberanian untuk membongkar gap yang cukup besar di negara kita, dan dia memilih perempuan sebagai wakil presidennya,” ungkap Kamala.

Baca Juga: Catatkan Sejarah, Kamala Harris Jadi Wakil Presiden Perempuan Kulit Hitam Pertama Amerika

Kamala Harris menjadi Wakil Presiden perempuan pertama Amerika Serikat.

Ia juga sekaligus menjadi wanita pertama kulit hitam dan keturunan Asia yang berhasil menduduki kursi di Gedung Putih Amerika Serikat.

Dalam pidato kemenangannya, ia memberi pesan kepada seluruh anak-anak Amerika, khususnya perempuan, bahwa negara telah memberikan pesan yang jelas.

Setiap warga negara Amerika memiliki kesempatan untuk menjadi Pemimpin di negeri Paman Sam tersebut, tanpa membedakan jenis kelamin. 

“Untuk anak-anak kami, tanpa melihat jenis kelamin, negara kita telah mengirimkan pesan yang jelas. Bermimpilah dengan ambisi, memimpinlah dengan keyakinan, dan lihatlah diri kalian seperti apa yang tidak terlihat oleh orang lain,” ungkapnya dalam pidato tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x