Kompas TV internasional kompas dunia

Covid-19 Mulai Mewabah di Kalangan Petinggi Militer AS

Kompas.tv - 7 Oktober 2020, 06:43 WIB
covid-19-mulai-mewabah-di-kalangan-petinggi-militer-as
Wakil Komandan Coast Guard Amerika Serikat, Laksamana Charles W. Ray. (Sumber: wikipedia common)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Setelah menginfeksi para pejabat di Gedung Putih, kini virus corona mulai mewabah di kalangan petinggi militer Amerika Serikat (AS). Para pemimpin militer negara itu mulai melakukan karantina mandiri pada Selasa (7/10/2020), setelah seorang pejabat senior Coast Guard dinyatakan positif terkena virus corona.

Seperti dilansir dari the Associated Press, Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley, dan Wakil Kepala Staf Gabungan Jenderal John Hyten, termasuk di antara mereka yang harus melakukan karantina mandiri.

Sebelumnya, Wakil Komandan Coast Guard Laksamana Charles W. Ray, dinyatakan positif Covid-19 pada Senin (5/10/2020) malam waktu setempat. Kemudian para petinggi militer AS dites pada Selasa pagi. Juru bicara Pentagon Jonathan Hoffman mengatakan, hingga saat ini belum ada lagi pejabat militer yang terkonfirmasi positif Covid-19 selain Ray.

Menurut keterangan dari Pentagon, Ray melakukan rapat dengan Kepala Staf Gabungan pada Jumat larut malam, di tempat yang disebut Tank. Tank adalah  ruang rapat rahasia yang terdapat di Pentagon. Para pejabat mengatakan, dalam rapat ini Ray banyak bertemu dengan para pemimpin militer.

Tidak diketahui dari mana Ray tertular virus. Namun dia diketahui menghadiri acara keluarga militer Gold Star di Gedung Putih pada 27 September lalu. Acara ini diselenggarakan oleh Presiden Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump.

Beberapa pemimpin militer senior, termasuk Mark Milley, Menteri Pertahanan Mark Esper, Jenderal Angkatan Darat James McConville dan Sekretaris Angkatan Darat Ryan McCarthy, juga menghadiri acara tersebut. Acara ini diselenggarakan untuk menghormati keluarga anggota militer yang meninggal.

Sejumlah pejabat militer yang menghadiri acara itu, kini menjalani tes COVID-19 pada akhir pekan lalu. Para pemimpin militer dinyatakan negatif dalam hasil tes tersebut, dan mereka akan terus diuji dalam beberapa hari mendatang.

Ray merasakan gejala ringan selama akhir pekan lalu dan diuji pada hari Senin. Menyusul hasil tesnya yang positif Covid-19, dia akan mengkarantina diri di rumah. Anggota Coast Guard lainnya yang berhubungan dekat dengannya, juga akan melakukan karantina.

Markas Coast Guard tidak berlokasi di Pentagon, melainkan berada di tenggara Washington, D.C. Ini adalah satu-satunya dinas militer yang berada di bawah Departemen Keamanan Dalam Negeri, bukan berada di bawah Departemen Pertahanan.

Hoffman mengatakan karantina para pemimpin tidak akan memengaruhi kesiapan operasional atau kemampuan misi Angkatan Bersenjata AS. Dia menambahkan, "Para pemimpin militer senior dapat tetap mampu menjalankan misi sepenuhnya dan menjalankan tugas mereka dari lokasi kerja alternatif."

Para pemimpin militer tertinggi memiliki sistem komunikasi yang kuat yang dipasang di rumah mereka. Banyak dari mereka yang bekerja dari rumah selama pandemi karena berbagai alasan. Beberapa di antaranya tinggal di rumah setelah terpapar virus, sedangkan beberapa yang lainnya melakukan karantina mandiri setelah melakukan perjalanan.

Setidaknya 14 pejabat militer diyakini berpotensi terkena virus setelah pertemuan pekan lalu dengan Ray. Hoffman mengatakan militer sedang melakukan pelacakan kontak tambahan untuk mengidentifikasi siapa saja yang mungkin telah terpapar virus.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x