Kompas TV internasional kompas dunia

Masak Ayam Lewat Refleksi Sinar Matahari

Kompas.tv - 25 September 2020, 20:49 WIB
masak-ayam-lewat-refleksi-sinar-matahari
Sila Sutharat, puluhan tahun menjual kuliner ayam panggang solar chicken. Pelanggannya hingga kini terus bertambah. (Sumber: AFP News Agency)
Penulis : Agung Pribadi

Phetchaburi, Kompas TV - Bila kita sedang berkunjung ke negara Thailand, dan mencari kuliner yang masih sesuai dengan lidah "tanah air," seperti ayam panggang misalnya, Anda musti coba yang satu ini nih.

Di Indonesia biasanya memasak ayam seringkali menggunakan api dengan di goreng atau dibakar.

Beda nih kalo kita datang ke Provinsi Phetchaburi, Thailand. Di sini penjaja kaki lima bernama Sila Sutharat, menjual kuliner ayam panggang solar chicken.

Nama unik itu, diambil dari proses memasaknya yang juga unik. Singkatnya Sila menyusun seribu cermin pada sebuah dinding besar, yang mudah ia atur pergerakannya.

Lalu melalui dinding cermin itu ia pantulkan sinar matahari, ke arah susunan ayam yang sudah ia bumbui. Alhasil panas dari matahari yang menyengat ini, membuat ayam matang dengan sempurna.

Pada mulanya sih, banyak yang menyangsikan cara memasak ini akan berhasil. Namun, tak disangka justru dengan cara ini, ayam bisa matang hanya dalam waktu 12 menit. Waktu yang cukup singkat untuk memanggang ayam bukan?

Selain itu, usaha kulinernya Sila ternyata sudah berlangsung selama 20 tahun lebih. Walaupun di awal banyak yang mencibir upaya Sila, karena cara memasaknya yang dianggap tak biasa. Terbukti, hingga saat ini pelanggannya terus bertambah.

Pertama kali Sila mendapatkan ide untuk memanfaatkan panas matahari, datang tahun 1997. Kala itu, Sila terkena pantulan matahari menyengat, dari jendela bus yang melintas.

Sejak itu, mulailah ia bereksperimen memasak ayam melalui refleksi cermin. Banyak yang menilai Sila langkah yang ia lakukan sudah tepat karena Thailand adalah negara tropis, dimana sinar matahari sangat berlimpah.

Konon banyak sekali pengakuan dari pelanggannya, yang menyebutkan bahwa solar chicken ini memiliki rasa yang enak, cukup berlemak, namun tidak gosong, dan sama sekali tanpa aroma panggangan.

Anda penasaran? coba aja yuk..



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x