Kompas TV internasional kompas dunia

Hewan Buas Yang Setia, Anda Tahu Apa Yang Dilakukannya?

Kompas.tv - 15 September 2020, 17:42 WIB
hewan-buas-yang-setia-anda-tahu-apa-yang-dilakukannya
Seekor serigala yang sedang mencari pasangannya tengah beristirahat di tengah hutan (Gambar Ilustrasi) (Sumber: WildCiencias)
Penulis : Agung Pribadi

Oregon, Kompas.TV - Serigala seringkali terlihat menakutkan bagi manusia. Dengan sorot mata serta gigi taring yang tajam dan berburu dalam suatu kelompok.

Namun serigala juga termasuk hewan yang sangat setia. Terutama spesies serigala abu-abu.

Seperti sebuah kejadian menggemparkan peneliti hewan yang terjadi di tahun 2011. Di california telah ditemukan seekor serigala abu-abu jantan, yang diperkirakan tengah mencari pasangannya yang hilang.

Serigala ini pun diberi nama  o-r-7 atau dikenal juga sebagai Journey. Berdasarkan penelitian, serigala ini telah meninggalkan kawanannya dan berjalan mengembara sejauh tiga ribu kilometer

Hingga akhirnya pasangannya ditemukan di hutan Oregon, berdasarkan hasil tes DNA dari sampel tinja, yang menunjukan adanya kekerabatan dari delapan kawanan barunya.

Para peneliti pun turut melakukan ekspedisi berdasarkan jejak o-r-7. Dan kisahnya juga dijadikan film eskpedisi.

Alasan lain kenapa serigala dikategorikan sebagai hewan setia, adalah untuk mempertahankan spesiesnya dalam proses evolusi.

Dengan setia kepada pasangan, serigala bisa mendapatkan keturunan yang murni dan kuat. Selain itu juga bisa mengurangi seleksi alam di dalam komunitasnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x