Kompas TV internasional kompas dunia

Bintang Malam Di Pantai Maladewa

Kompas.tv - 8 Agustus 2020, 14:32 WIB
bintang-malam-di-pantai-maladewa
Titik-titik terang di sepanjang garis pantai di Maladewa ini tampak seolah-olah seperti jutaan bintang yang bertaburan (Sumber: Wonder World)
Penulis : Agung Pribadi

Kompas TV - Bila malam tiba di sebuah pantai, ombak laut tampak ikut bersinar seperti bintang di langit dengan cahaya biru terang yang indah sekaligus misterius.

Titik-titik terang di sepanjang garis pantai tampak seolah-olah seperti jutaan bintang yang bertaburan. 

Pemandangan yang kita lihat itu sesungguhnya adalah jutaan organisme mikroskopis yang dinamakan fitoplankton bercahaya di negara Maladewa. 

Maladewa adalah sebuah negara tropis yang terletak di Samudera Hindia dan terdiri dari 26 pulau koral yang mengelilingi laguna berbentuk cincin, yang terdiri dari lebih dari 1.000 pulau karang.

Pergerakan tangan secara tiba-tiba juga bisa mengakibatkan reaksi seketika pada Fitoplankton bercahaya di air laut (Sumber: Wonder World)

Mikroorganisme ini juga memancarkan cahayanya saat air laut terseret ke pinggir pantai atau bilamana seseorang menginjak pasir basah atau menggerakan dayung yang menghantam ombak.

Plankton yang menimbulkan pemandangan aneh ini telah berevolusi menjadi bersinar terang untuk mengejutkan atau mengalihkan perhatian ikan serta predator lainnya

Kemunculan pantai dengan bintang terang ini juga bergantung pada iklim dan pertumbuhan plankton sepanjang tahun, cukup unik yah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x