Kompas TV feature cerita militer

Inilah Keistimewaan Interior Pesawat VIP - CERITA MILITER

Kompas.tv - 17 April 2020, 19:48 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Dalam pesawat VIP memiliki ruangan khusus untuk digunakan beberapa tamu kehormatan negara. Seperti apa interior pesawat VIP Skadron Udara 17?

Skadron Udara 17 (atau Skadud 17/VIP) adalah sebuah skuadron udara VIP/VVIP (Pesawat kepresidenan Indonesia) yang berada di bawah pelaksana operasional Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma.

Skadron Udara 17 dibentuk berdasarkan keputusan KSAU (dulu Menteri Panglima Angkatan Udara / Menpangau) No. 31 tanggal 1 Agustus 1963 yang berkedudukan di Lanud Halim Perdanakusuma.

Pada tahun 1963, nama Skadron Udara IV diubah menjadi Skadron Udara 17 berdasarkan keputusan Menteri/Panglima Angkatan Udara No 31. Angka 17 diambil dari tanggal Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Dalam sejarahnya, Skadron Udara 17 pernah menerbangkan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ban Ki-moon, dengan menggunakan pesawat Boeing 737.

Perjalanan melintasi benua itu bertolak dari markas di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma dan diawaki langsung oleh Letkol Pnb Bambang Gunarto, komandan yang ke-25 dari Skadron Udara yang berlambangkan kereta kencana.

Skadron Udara sayap tetap TNI AU ini punya tugas seperti "Presidential Airlift Group 89th Airlift Wing Angkatan Udara Amerika Serikat", yang terkenal dengan "Air Force One"-nya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x