Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Tips Membeli Mobil Bekas, Harus Perhatikan Kesehatan Transmisi

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 15:01 WIB
tips-membeli-mobil-bekas-harus-perhatikan-kesehatan-transmisi
Ilustrasi mobil bekas (Sumber: Dok. Mobbi)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar transmisi dari Malaysia, mengimbau kepada masyarakat yang hendak membeli kendaraan bekas atau mobil bekas harus memperhatikan kesehatan transmisi dari kendaraan yang dipilih.

Hal ini disampaikan oleh Zaidi Mohammed, yang menyarankan untuk membeli kendaraan bekas  tidak boleh buru-buru.

"Tidak semua orang memang mampu membeli kendaraan baru, maka kendaraan bekas menjadi solusi. Meski begitu, untuk membeli kendaraan bekas tidak perlu terburu-buru, dan harus memperhatikan kesehatan dari mobil itu terutama bagian transmisi," kata Mohammed Zaidi di Jakarta, Kamis (9/2/2023) dikutip dari Antara.

Ia merinci terdapat beberapa langkah mudah yang harus diperhatikan ketika ingin melakukan pengecekan awal terhadap bagian transmisi dari kendaraan bekas.

Baca Juga: Waspada Saat Beli Kendaraan Bekas, Ditlantas Polda Sulawesi Selatan Temukan Puluhan BPKB Palsu!

Pertama adalah pengecekan melalui dipstick oil menggunakan tisu bersih atau kain berwarna putih dan bersih

Setelah mengelap dipstick oli tersebut ke wadah yang sudah disediakan, jika mengeluarkan warna hitam pekat sebaiknya pembeli menunda untuk membeli kendaraan itu.


 

"Jika memang mengeluarkan warna hitam pekat setelah di lap dengan wadah tadi baik tisu maupun kain putih. Sebaiknya, tahan dulu agar kita tidak mengeluarkan dana lebih setelah membeli kendaraan itu (memperbaiki transmisi)," jelasnya.

Langkah selanjutnya adalah dengan cara membawa kendaraan tersebut untuk dilakukan scaning. Dengan diperbolehkannya membawa kendaraan itu ke bengkel resmi maka permasalahan dan keraguan akan kendaraan itu bisa terjawab.

Baca Juga: Simak Tips Saat Barang Hilang Atau Tertinggal di Stasiun dan Kereta



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x