Kompas TV feature news or hoax

Hoax Jenderal Soeharto Gelar Pahlawan - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 15 November 2022, 13:15 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar narasi Presiden Soeharto diberi gelar pahlawan nasional oleh Joko Widodo. “Terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo atas nama bangsa dan negara memberikan penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada almarhum Jenderal TNI Soeharto Presiden ke-2 RI.

Namun setelah dicek kebenarannya, informasi yang beredar adalah tidak benar atau hoaks. Dalam rangka hari pahlawan 10 November lalu, Presiden Joko Widodo menganugerahi gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh, salah satunya tokoh yang dianggap berjasa dalam era kemerdekaan Indonesia, yakni HR Soeharto dokter pribadi Presiden pertama Soekarno, bukan Jenderal TNI Soeharto presiden ke-2 RI.

Sampai saat ini Presiden Joko Widodo tidak pernah memberikan gelar pahlawan kepada Presiden Soeharto. Adapun HR Soeharto dianugerahi gelar pahlawan nasional bersama empat tokoh lain. Yaitu Paku Alam Kedelapan, Dokter Raden Rubini Natawisastra, H Salahuddin Bin Talibuddin, dan KH Ahmad Sanusi.

Menko polhukam Mahfud MD menyatakan, dokter Soeharto berjasa bagi bangsa indonesia. Ia merawat dan mendampingi Presiden Soekarno dan para anggota BPUPKI Wedyodiningrat dan Mohammad Hatta ke Da lat Vietnam, untuk mendapatkan kepastian mengenai kemerdekaan indonesia.

Setelah Indonesia merdeka, dokter Soeharto juga ikut serta dalam pembangunan sejumlah infrastruktur di tanah air. Jadi informasi yang menyatakan Presiden Soeharto mendapatkan gelar pahlawan nasional dari Presiden Joko Widodo adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x