Kompas TV feature news or hoax

Hoax Robot Militer Amerika Serikat Yang Siap Berperang - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 8 November 2022, 15:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Sebuah video yang menampilkan robot yang diklaim milik militer Amerika Serikat. Tertulis narasi mereka punya robot militer yang siap berperang, terlihat cuplikan video sebuah robot tengah berlatih dengan senjata.

Namun setelah dicek kebenarannya narasi pada video yang beredar adalah tidak benar atau hoaks, Video dan narasi yang sama juga pernah beredar sejak tahun 2019 lalu, video tersebut merupakan hasil karya tim corridor yang diunggah di kanal youtube mereka pada 26 oktober 2019 lalu, dalam keretangan video disebutkan bahwa video yang dibuat adalah bentuk komedi atau parodi.

Selang sehari setelah menggugah video tersebut, kru corridor menggugah video lain yang menunjukkan bagaimana mereka menggunakan cgi untuk memalsukan robot militer. Video berjudul “kami menggunakan cgi untuk memalsukan robot militer”, menjelaskan teknologi apa yang mereka pakai untuk merangkai efek visual.

Jadi video dan narasi yang menyatakan Amerika Serikat memilik robot militer yang siap berperang adalah info tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x