Kompas TV feature news or hoax

Hoax Situasi Resesi Di Amerika Serikat - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 8 November 2022, 15:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Sebuah video menampilkan jalanan yang diklaim sebagai situasi terkini Amerika Serikat di tengah resesi, tertulis narasi yang menyatakan kondisi akibat resesi tidak banyak disorot karena adanya kepentingan publik.

Namun setelah dicek narasi yang beredar dengan video yang diunggah merupakan informasi yang tidak benar atau hoaks. Video yang beredar merupakan video penampilan jalanan di AS yang ditemukan pada kanal youtuber kensington now yang diunggah pada 26 Juli 2022 lalu.

Video yang beredar diambil dari potongan video yang berjudul Walking Kensington Ave K&A yang berdurasi 20 menit 19 detik/ pada menit ke-2 detik ke-45, pada keterangan video dituliskan Kensington Now membuka donasi soal keprihatinan terhadap fenomena overdosis di Kensington Philadelphia AS.

Terkait resesi forbes pada minggu 23 Oktober lalu menuliskan AS tidak sedang berada dalam resesi pada musim panas 2022, menurut definisi umum dua kuartal berturut-turut produk domestik bruto di AS memang menunjukkan angka negatif.

Namun menurut definisi siklus bisnis AS National Bureau Of Econimic Research penurunan signifikan aktivitas ekonomi yang berlangsung lebih dari beberapa bulan ini bukanlah resesi.

Jadi narasi pada video yang menyatakan kondisi pada video merupakan keadaan saat Amerika Serikat sedang resesi adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.