Kompas TV feature news or hoax

Hoax Video Burung Garuda Di Jawa Timur - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 30 Agustus 2022, 14:01 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar sebuah video mengenai munculnya burung Garuda di daerah hutan gunung Penanggung, Jawa Timur. Pada video terlihat sebuah burung berukuran besar yang tengah berada di sebuah tebing. Terlihat juga sejumlah orang tengah mengabadikan momen tersebut dengan kamera.

Pada laman tersebut dijelaskan bahwa burung besar tersebut adalah burung Kondor Andes dari pegunungan Andes. Video tersebut merupakan momen pelepasan burung Kondor Andes yang diberi nama Sayani di wilayah Argentina. Sayani ditemukan hampir mati pada Desember 2012 di Caramarta Argentina karena keracunan.

Dengan bantuan polisi dan pejabat setempat Sayani dikirim ke kebun binatang Buenos Aires untuk perawatan selama lebih dari setahun. Pada 28 Maret 2014 tim penyelamat Sayani berkumpul di puncak gunung di Catamarca untuk membebaskannya lagi ke alam bebas. Video pelepasan burung Kondor Ades bernama Sayani pun dibagikan ke Facebook oleh Silvana Andrade pendiri organisasi kesejahteraan hewan wilayah tersebut.

Pada video terlihat Sayani berdiri di atas batu dan merentangkan sayapnya. Orang-orang yang membantu menyelamatkan sayani juga berkumpul merekam bebasnya burung itu sejak hampir hilang lebih dari setahun sebelumnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x