Kompas TV feature news or hoax

Hoax Tips Memutihkan Gigi Dengan Kulit Jeruk - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 23 Agustus 2022, 14:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar informasi tips kesehatan cara untuk memutihkan gigi dengan menggosokkan kulit jeruk ke gigi, disebutkan bahwa kulit jeruk membantu membersihkan enemel atau email gigi.

Dilansir dari the Healthy Indian Project 21 Juni 2022 lalu, pada dasarnya warna alami gigi manusia sedikit kuning. Email gigi berwarna putih tetapi lapisan dentin di bawahnya berwarna kuning sehingga gigi manusia tampak kekuningan.

Sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2015 lalu menyatakan bahwa usia atau wilayah tempat manusia tinggal dapat memengaruhi warga gigi. Sejauh ini tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa kulit jeruk dapat menghilangkan noda dan memutihkan gigi, Jeruk memang mengandung pelarut alami seperti D Limonene.

D Limonene banyak digunakan dalam pasta gigi, pemutih, serta pembersih untuk menghilangkan noda, minyak, tar, dan sebagainya.

Namun kandungan ini belum tentu efektif untuk membersihkan gigi. Selain itu, jeruk dan kulit jeruk memiliki tingkat asam dengan PH 3 hingga 4 artinya cukup asam. Menggosokkan kulit jeruk ke gigi selama beberapa menit dapat mengakibatkan erosi email. Ketika email gigi terkikis maka rentan menyebabkan kerusakan gigi dan membuat gigi sensitive.

Dokter gigi Pooja Bhardwaj dari Healty Indian Project tidak menyarankan menggosok gigi dengan kulit jeruk, terutama dalam rentan waktu lama dan dilakukan secara rutin. “ph asamnya mengikis lapisan luar email gigi sehingga membuatnya lebih rentan terhadap pembusukan. Meskipun kulit jeruk aman dan organik hal ini masih belum memiliki dukungan ilmiah” ujar Pooja.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x