Kompas TV feature news or hoax

Hoax Kebakaran Truk Tangki BBM - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 23 Agustus 2022, 14:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beberapa waktu lalu beredar informasi yang menyebutkan terjadi kebakaran tangki BBM di depan sebuah toko di Purwokerto, Jawa Tengah. Informasi tersebut disertai foto yang memperlihatkan kobaran api besar di dekat sebuah jalan.

Hasil penelusuran menggunakan Yandex menemukan bahwa gambar yang memperlihatkan api berkobar besar di dekat sebuah jalan tersebut identik dengan video yang diunggah akun twitter Tehinsider-Paper, 6 November 2021 lalu.

Pada video tertulis narasi setidaknya 91 orang tewas saat sebuah mobil tangki bahan bakar meledak di pinggiran ibu kota Sierra Leone, Freetown. Peristiwa ledakan mobil tangki bahan bakar yang terjadi di freetown juga diberitakan oleh CNN pada 6 November 2021.

Dari berita CNN, sedikitnya 98 orang tewas setelah sebuah mobil tangki bahan bakar meledak di pinggiran ibu kota Sierra Leone pada 5 November 2021. Mohamed Lamrane Bah, Direktur Komunikasi untuk Badan Penanggulangan Bencana Nasional (NDMA) Sierra Leone menyatakan kepada CNN bahwa beberapa orang juga dalam kondisi kritis setelah ledakan itu.

Ledakan tersebut terjadi setelah dua kendaraan bertabrakan di jalan raya saat mobil tangki bahan bakar hendak memasuki stasiun pengisian bahan bakar terdekat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x