Kompas TV feature news or hoax

Pesta Demokrasi Siap Dimulai - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 23 Agustus 2022, 14:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai membuka pendaftaran bagi partai-partai calon peserta pemilu 2024 mendatang, pada hari Senin 1 Agustus 2022. 9 partai melakukan pendaftaran di hari pertama.

PDI Perjuangan menjadi partai politik pertama yang mendaftar menjadi calon peserta pemilu 2024 mendatang, menyusul kemudian PKP sebagai Parpol Non-Parlemen yang mendaftar dan PKS mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu di hari pertama. Mengawali pendaftaran menjadi upaya parpol merebut momentum politik sedini mungkin.

Beragam cara dilakukan partai politik ketika mendaftarkan diri sebagai calon peserta pemilu, untuk mendapat perhatian public. Bukan hanya partai-partai yang telah lolos ke parlemen, partai-partai dengan elektabilitas rendah pun membawa keramaian ketika melakukan pendaftaran.

Riuh rendah pendaftaran ini harus menjadi awal bagi para calon peserta pemilu dan KPU sebagai penyelenggara untuk memastikan pemilu dapat terselenggara dengan baik tanpa membuang-buang biaya.

Layaknya sebuah demokrasi pendaftaran parpol kali ini pun telah diwarnai koalisi antar-partai. Partai Golkar, Partai Amat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan, melakukan pendaftaran bersama-sama sebagai koalisi Indonesia Bersatu.

KPU dan Parpol-Parpol calon peserta pemilu telah memulai langkah menuju pemilihan umum. Dalam pidato kenegaraan di depan anggota MPR DPR 16 Agustus 2022. Presiden Joko Widodo mengingatkan jangan ada lagi politik identitas pada pemilu 2024 mendatang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x