Kompas TV feature news or hoax

Hoax Ratusan Minyak Goreng Dibuang Ke Laut - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 16 Agustus 2022, 14:01 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beberapa waktu lalu beredar video yang memperlihatkan ratusan minyak goreng kemasan berserakan di laut dan dinaikkan ke kapal pada narasi di video dituliskan ratusan minyak goreng kemasan itu sengaja dibuang ke laut.

Video yang beredar identik dengan video ratusan kemasan minyak goreng mengambang di lautan yang beredar di Instagram. Video tersebut dunggah di instagram pada 2 Agustus 2022 lalu, kemiripan antara kedua video dikenali dari keberadaan seseorang memakai pelampung yang menaikkan minyak goreng ke kapal.

Kesamaan juga dapat ditemukan pada bagian samping kapal di mana terlihat ratusan kemasan minyak goreng berserakan serta anak tangga kapal berwarna kuning dan besar kemungkinan lokasi dari kedua video berada di lokasi yang sama.

Kementerian Perdagangan memberikan penjelasan terkait video viral ratusan minyak goreng mengambang di laut. Menurut Kemenag video tersebut merekam proses evakuasi ratusan minyak goreng kemasan yang merupakan muatan dari kapal kargo yang tenggelam di perairan Riau.

Minyak goreng kemasan ini mengambang di laut lepas karena kapal kargo yang membawa bahan-bahan pokok mengalami kecelakaan di perairan Riau, Kapal tersebut tidak hanya mengangkut minyak goreng kemasan tetapi juga berbagai bahan pokok lain. Namun karena minyak goreng tidak ikut tenggelam maka di video hanya terlihat minyak goreng.

Jadi, narasi yang menyatakan ratusan minyak goreng kemasan itu sengaja dibuang ke laut adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x