Kompas TV feature food story

Kuliner Nostalgia Solo (2)

Kompas.tv - 21 Agustus 2018, 15:25 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor :

Pada episode kali ini Benoe mengunjungi kota Solo. Kota yang ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata kuliner nasional oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Presiden Joko Widodo yang asli Solo punya kuliner andalan yang kerap disantapnya saat pulang kampung. Salah satu sajian kesukaan Presiden adalah sate buntel dan sate kambing Bu Hajah Bejo di Kawasan Lojiwetan Solo menjadi favorit Presiden Jokowi sejak masih bujang. Sate Buntel terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak perut kambing.

Kuliner nostalgia lainnya adalah sate kere legendaris, sate kere Yu Rebi. Presiden Jokowi sering mampir menikmatisate kere buatan Yu Rebi saat masih menjabat sebagai walikota Solo. Sate ini disebut sate kere karena menggunakan bahan tempe gembus sebagai pengganti daging yang mahal. Karena permintaan pelanggan, Yu Rebi juga melengkapi sate kere dengan usus, kikil dan jeroan sapi lainnya.

Tak lengkap kalau ke Solo tanpa mencicipi nasi liwet. Nasi liwet terdiri dari nasi gurih, sayur labu siam, suwiran ayam dan areh. Menu yang akan Benoe cicipi di Solo selanjutnya adalah timlo solo. Timlo biasa disantap sebagai menu sarapan atau makan siang. Hidangan berkuah kaldu yang terdiri dari potongan sosis Solo, ati ampela, dan telur bebek semur lengkap dengan taburan bawang goreng. Benoe juga mau berbagi resep membuat Sosis Solo.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x