Kompas TV feature news or hoax

Wacana Work From Anywhere Bagi ASN Di Indonesia - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 23 Mei 2022, 12:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS)  diwacanakan akan menerapkan pola kerja baru yakni bisa bekerja di mana saja atau work from anywhere atau WFA. 

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara Satya Pratama menjelaskan, maksud dari WFA adalah ASN dapat bekerja secara fleksibel dari mana saja dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Sejalan dengan Satya, pelaksana tugas Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Mohammad Averrouce, juga menyebut bahwa WFA untuk ASN sejalan dengan pelaksanaan reformasi birokrasi dan penyederhanaan birokrasi. 

Selain itu secara substansi pemerintah tengah berupaya untuk menyederhanakan struktur organisasi, pengalihan jabatan struktural ke fungsional dan penyesuaian sistem kerja yang lebih dinamis, agile dan kolaboratif.

Namun, pemerintah perlu melakukan kajian mendalam terkait wacana bekerja di mana saja atau work from anywhere bagi ASN ini, jangan sampai semangat inovasi baru ini salah kaprah dan justru menambah masalah-masalah baru, sehingga lepas dari tujuan awal yakni peningkatan kinerja dan pelayanan kepada publik.
 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x