Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Kemacetan Di Tol Akibat Arus Mudik Pada 23 April 2022 - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 2 Mei 2022, 18:17 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Sebuah video yang memperlihatkan adanya kemacetan kendaraan yang cukup panjang di sebuah jalan tol dan disebut sebagai arus mudik lebaran pada sabtu 23 April lalu ramai beredar. Tertulis narasi “Jalan Tol Dari Arah Jakarta Menuju Jateng Macet Pol Hari Ini, Tadi Malam. Mudik Awal Sudah Macet, Semoga Berkenan Untuk Pertimbangan, Thank”.

Namun, setelah dilakukan konfirmasi, PT Jasa Marga menyatakan video dan narasi yang beredar adalah informasi tidak benar atau hoaks.

PT Jasa Marga pun memberikan penjelasan terkait video kepadatan lalu lintas tersebut. Video tersebut merupakan video yang direkam pada 27 Maret 2022 atau sebelum bulan Ramadan.

“terkait dengan video yang beredar luas hari ini dan dipersepsikan sebagai kepadatan lalu lintas jalan tol pada akhir pekan mejelang mudik lebaran 2022, kami sampaikan bahwa video tersebut diambil di jalan tol Jagorawi km 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022 lalu” ujar Corporate Communication And Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso.

Ia menjelaskan bahwa kemacetan panjang tersebut terjadi karena pemberlakuan satu arah dari wilayah puncak menuju Jakarta, sehingga berimbas terjadinya kemacetan panjang.

Jadi, video yang beredar dan disebut sebagai kemacetan arus mudik menuju jawa tersebut adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x