Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Membawa Hewan Peliharaan Anda Mudik

Kompas.tv - 27 April 2022, 20:19 WIB
perhatikan-5-hal-ini-sebelum-membawa-hewan-peliharaan-anda-mudik
Ilustrasi membawa hewan peliiharaan saat mudik. (Sumber: Freepik/freepik)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagian dari kita mungkin tengah bersiap untuk mudik dan bingung, apakah akan membawa kucing di rumah atau tidak.

Sebab, akan butuh persiapan yang cukup banyak untuk membawa seekor atau beberapa anak bulu di perjalanan. Kita harus memastikan kebutuhannya terpenuhi selama perjalanan dan kenyamanan anak bulu alias anabul.

Lantas, haruskah membawa anabul selama mudik? Bagaimana dengan penitipan hewan?

Baca Juga: Simak 6 Cara Atasi Mabuk Perjalanan saat Mudik, Bisa dengan Kunyah Permen Karet

Dokter hewan di klinik hewan Uttara Veterinary, Madiun, Jawa Timur, Yohana Novita Kristiani, mengatakan bahwa membawa hewan peliharaan mudik berisiko membuat mereka stres. 

Ini adalah hal yang sulit dihindari, meski kita telah mempersiapkan segala kebutuhannya selama perjalanan. Terlebih jika perjalanan panjang memakan waktu hingga seharian.

“Pasti hewan akan tetap stres, apalagi bila tidak terbiasa,” kata Yohana, mengutip Kompas.com, Rabu (27/4/2022).

Yohana sendiri menyarankan untuk tidak membawa hewan peliharaan mudik. Terlebih mudik yang memakan waktu hingga belasan jam. Dia merekomendasikan untuk menitipkan anabul ke tempat penitipan, petshop, klinik hewan, atau di tempat kerabat.

Namun, jika bersikeras ingin membawa mereka mudik, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut.

Tips membawa hewan peliharaan mudik

1. Cek kondisi anabul

Pastikan untuk memeriksa kondisi kesehatan anabul sebelum membawa pergi dalam perjalanan jauh. Jangan lupa untuk memandikannya sebelum berangkat, memberinya vaksin, dan obat cacing agar tetap fit selama perjalanan.

Baca Juga: Tips and Trik Parkir Mobil yang Aman dan Nyaman

2. Gunakan pet cargo

Membawa pet cargo atau kandang selama perjalanan akan membuat anabul nyaman. Pastikan untuk memberikannya ruang yang nyaman dan tidak terlalu sempit. Anda juga harus mempertimbangkan tingkat kemudahan untuk membersihkan kotoran mereka selama perjalanan.

3. Makanan dan minuman

Pastikan membawa makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan. Bawa makanan kesukaan mereka agar nafsu makan terjaga.

4. Pastikan kondisi udara dingin

Udara yang panas di dalam mobil dapat membuat hewan mengalami heat stroke alias peningkatan suhu tubuh secara drastis, bahkan bisa mencapai 40 derajat Celcius.

Yohana menyebut, hal tersebut dapat meningkatkan stres pada hewan selama mudik. Jadi, pastikan kondisi udara cukup dingin di dalam mobil.

Baca Juga: Waspada, Kemenhub Ungkap 115 Kasus Kecelakaan Terjadi di H-6 Lebaran 2022

5. Manfaatkan rest area sebaik mungkin

Jika melihat anabul gelisah atau stres di tengah perjalanan mudik, segera cari rest area untuk beristirahat dan memberikan mereka waktu untuk tenang.

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x