Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Simak Tips Halau Kantuk Bagi yang Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Kompas.tv - 22 April 2022, 09:46 WIB
simak-tips-halau-kantuk-bagi-yang-mudik-dengan-kendaraan-pribadi
Ilustrasi - Tips halau kantuk saat beekendara jarak jauh atau pun mudik. (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tahun ini, masyarakat diizinkan untuk mudik Lebaran. Bagi Anda yang melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil pribadi, tentu persiapan fisik sangat penting.

Saat mengemudi jarak jauh, rasa kantuk dan lelah tentu menjadi hal yang perlu dihindari. Mengantuk saat mengemudi dapat membahayakan Anda bahkan dapat berakibat fatal.

Untuk itu, berikut tips yang bisa dilakukan untuk menghalau rasa kantuk saat mengemudi, dikutip dari Antara, Jumat (22/4/2022). 

1. Jangan makan terlalu banyak 

Sering kali kondisi tubuh kita dipicu oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi. Untuk itu, dianjurkan tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Selain itu, tidak makan dengan porsi yang terlalu besar sebelum perjalanan agar terhindar dari rasa kantuk. Selama bulan puasa, bisa dipertimbangkan melakukan perjalanan di pagi hari setelah Subuh.

2. Setel musik up-beat

Musik dengan irama dan ketukan yang kencang sering kali membuat suasana menjadi lebih ceria, bahkan menjadikan lebih bersemangat saat berkendara. Jenis musik ini dapat membantu Anda mencegah kantuk saat berkendara. 

Apalagi kalau Anda tahu liriknya, jadi bisa ikut sing along selama perjalanan. Jadi, jangan lupa siapkan playlist lagu-lagu up beat di daftar lagu Anda. 

Baca Juga: Warga Manfaatkan Posko Mudik Gratis Polri untuk Pulang Kampung, Jawa Tengah Jadi Tujuan Favorit

3. Tidur yang cukup 

Kurangnya waktu tidur akan berdampak pada aktivitas sehari-hari Anda, termasuk berkendara. Menurut riset AAA Foundation for Traffic Safety, kurangnya tidur saat mengemudikan mobil dapat memunculkan risiko yang sama saat mengemudi dalam keadaan mabuk.

Jadi, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup sebelum mengemudi, terutama jika ingin menempuh perjalanan jarak yang jauh.

4. Ngobrol

Jika ada keluarga atau teman di dalam mobil saat Anda mengemudi, ajaklah mereka untuk sekedar berbincang-bincang mengenai hal yang santai. Dengan begitu, rasa kantuk saat mengemudi akan berangsur-angsur berkurang.

5. Menepi sejenak

Jika rasa kantuk saat mengemudi sudah tidak tertahankan, ada baiknya Anda menepi untuk beristirahat sebentar.

Selain dapat membantu mengembalikan energi dan fokus Anda, hal ini juga dapat menghindarkan Anda dari hal-hal fatal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Baca Juga: Penting Dicatat! Ini Daftar Rest Area Sepanjang Tol Jakarta-Solo yang Bisa Disinggahi Pemudik

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x