Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Video Telur Palsu Beredar di Pasar | News Or Hoax

Kompas.tv - 4 April 2022, 10:50 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar kembali video telur palsu berdurasi 2 menit 38 detik. Dalam video ini, seorang pria menjelaskan mengenai telur yang bungkusnya terbuat dari kertas, dan terdapat silikon di dalam kuningan telur.

Namun, berdasarkan penelusuran, video kliam telur palsu tersebut tidak benar atau hoaks.

Pria yang berada di dalam video yang viral di masyarakat, ternyata tidak paham cara membedakan telur asli atau palsu. Pria yang seolah-olah ahli masalah telur ini bernama  Syahroni. Ia berhasil membuat sebagian orang percaya, telur yang didapat di pasar johar baru, Jakarta Pusat, adalah telur palsu berbahan silikon.

Kompastv pun sempat memberitakannya pada 28 maret 2018, dan diunggah di akun youtube dengan judul, “terbukti hoaks, pembuat video telur palsu minta maaf”. Polisi dan suku dinas ketahanan pangan, kelautan, dan pertanian jakarta pusat pun melakukan uji laboratorium.

Hasilnya, telur yang disebut palsu, justru telur ayam yang berkualitas bagus. Kepala seksi sudin ketahanan pangan jakarta, hasudungan sidabalok menjelaskan, makin kenyal kuning telur, kualitasnya semakin bagus. Terkait telur palsu dari tiongkok memang ada. Namun telur tersebut tidak untuk dikonsumsi, melainkan hanya sebagai mainan anak-anak. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x