Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Kode Khusus Meteran Listrik Agar Lebih Hemat - NEW OR HOAX

Kompas.tv - 28 Maret 2022, 12:31 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar informasi tentang tips menghemat pemakaian listrik dengan cara memasukkan kode khusus pada meteran listrik yang akan membuat pemakaian listrik menjadi lebih hemat.

Dalam unggahan foto tersebut juga tertulis narasi “namanya emak-emak, biar minyak mahal, seenggaknya tau cara hemat listrik biar jadi murah”.

Namun, setelah dicek kebenaran informasinya, info kiat untuk menghemat listrik yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Berdasarkan petunjuk yang tertera di situs resmi PLN meteran listrik memiliki sejumlah tombol dengan fungsi masing-masing. Pada bagian keypad terdapat tombol enter untuk melakukan input, dan backspace untuk menghapus. Terdapat pula deretan angka dari nol hingga 9.

Fungsi keypad adalah untuk memasukkan kode token listrik yang telah dibeli. Pelanggan dapat melakukan input token dengan menekan kode angka yang sesuai, lalu menekan enter. Sementara saklar berwarna biru, merupakan Miniature Circuit Breaker atau MCB. Yang berfungsi sebagai sistem proteksi di dalam instalasi listrik jika terjadi beban berlebihan, serta hubungan pendek arus listrik atau korsleting.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x