Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Dosis Vitamin C Berlebih Tidak Berbahaya - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 28 Maret 2022, 12:31 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar narasi di media sosial yang menyebutkan bahwa dosis berlebihan atau mengadosis vitamin c merupakan zat teraman untuk penyembuhan dan tidak berbahaya.

Namun, setelah dicek kebenaran mengenai narasi tersebut, ahli gizi dokter Tan Shot Yen menyatakan bahwa info yang beredar tersebut adalah tidak benar atau hoaks.

Dokter Tan Shot Yen menyatakan bahwa ada batasan harian dalam mengonsumsi vitamin, termasuk vitamin c. Rekomendasi ini tertuang dalam peraturan menteri kesehatan nomor 28 tahun 2019 tentang angka kecukupan gizi yang dianjurkan untuk masyarakat indonesia. Sesuai dengan jenjang usia dan jenis kelaminnya, dosis vitamin yang dianjurkan per hari 40 hingga 90 miligram.

Mengonsumsi vitamin c tidak bisa digunakan untuk penyembuhan sembarang penyakit. Nutrien, seperti mineral dan vitamin, selaku pangan fungsional tidak bisa menggantikan fungsi obat, karena tujuan dan cara kerja yang berbeda. Segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan tidak baik bagi tubuh, meski vitamin sekalipun.

Dilansir dari Mayo Clinic, batas maksimal harian konsumsi vitamin c adalah 2000 miligram sehari. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin c memang tidak menyebabkan dampak kesehatan serius. Namun mengonsumsi vitamin c berlebihan dapat menyebabkan diare, mual, muntah, mag, kram perut, sakit kepala, dan insomnia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x