Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Vaksin Covid 19 Sebabkan Penyakit Kanker Kambuh | News Or Hoax

Kompas.tv - 21 Maret 2022, 10:25 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar sebuah video di media sosial yang mengklaim vaksin Covid-19 menyebabkan kambuhnya penyakit kanker. Pada video terlihat seorang pria berpakaian petugas kesehatan, mengatakan bahwa orang yang memiliki kanker dan sembuh, akan kambuh jika menerima vaksin Covid-19.

Faktanya, dilansir dari kominfo go dot ID, ahli membantah klaim ini karena tidak ada buktinya. Salah satu ketua komite jaringan kanker komprehensif nasional Amerika Serikat, dokter Steven Pergam mengatakan, tidak ada data yang menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 menyebabkan kekambuhan kanker. Hal itu diungkapkan pada sebuah acara di institut kanker nasional.

Lebih lanjut, masih dilansir dari laman kominfo, dokter Samuel Godfrey, ketua tim informasi penelitian di cancer research UK, juga menyebut kalaupun ada beberapa orang yang mengalami kanker kambuh sekitar waktu setelah vaksinasi, itu tidak berarti vaksin menyebabkan kanker.

Jadi, klaim pada video yang beredar bahwa vaksin Covid-19 dapat membuat penyakit kanker kambuh adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x