Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Seorang Anak Kebal Jarum Suntik | News Or Hoax

Kompas.tv - 15 Maret 2022, 11:20 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Sebuah video memperperlihatkan seorang anak yang kebal saat disuntik ramai menjadi perbincangan publik. Terlihat jarum suntik yang ditusukkan ke lengan seorang anak tidak bisa menembus kulit, dan tertulis narasi pada sebaran video tersebut yang menyatakan peyuntikan dilakukan oleh Dinkes Provinsi Banten terhadap anak suku Baduy luar.

Namun, setelah dicek kebenarannya, informasi yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Kepala dinas kesehatan provinsi banten, ati pramudji hastuti menegaskan, video tersebut bukanlah kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh dinas kesehatan provinsi banten sebagaimana narasi yang beredar. Dinkes Provinsi Banten juga telah berkoordinasi dengan Kaninkes Lebak. Mereka pun menyatakan tidak ada giat vaksinasi anak sekolah masyarakat Baduy. Puskesmas Baduy pun menyatakan hal yang sama. Puskesmas yang ada di Baduy tidak melakukan kegiatan vaksinasi anak 6 hingga 12 tahun.

Saat ini, koordinasi kepala puskesmas penyangga masyarakat badui yaitu PKM Cisimeut, PKM Sobang, PKM Bojongmanik, dan PKM Cirenten juga menyatakan hal yang sama. Puskesmas penyangga hingga saat ini belum membantu untuk kegiatan vaksinasi anak-anak. Hingga saat ini, pihak kesehatan Provinsi Banten masih menelusuri keaslian video tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x