Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Lebih Sehat, Ini 5 Metode Memasak Tanpa Minyak Goreng

Kompas.tv - 11 Maret 2022, 11:42 WIB
lebih-sehat-ini-5-metode-memasak-tanpa-minyak-goreng
Terlalu banyak makan makanan yang digoreng tidak baik untuk kesehatan jangka panjang. (Sumber: SHUTTERSTOCK via Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masyarakat Indonesia mengeluhkan langkanya minyak goreng di pasaran dalam beberapa waktu belakangan ini.

Padahal, minyak goreng banyak digunakan dalam berbagai olahan masakan. Beberapa masakan bahkan menggunakan banyak sekali minyak goreng.

Untuk menyiasati kelangkaan minyak goreng, kita bisa mencoba untuk memasak tanpa minyak goreng, sekaligus mencegah risiko kesehatan jangka panjang.

Berikut 5 metode memasak yang bisa kita praktikkan:

1. Tumis

Ganti kebiasaan menggoreng makanan dengan minyak menjadi memasak makanan dengan menggunakan air atau kaldu sayuran.

Kamu bisa menggoreng bawang cincang dengan sedikit minyak. Setelah itu, tambah air dan tumis bahan masakan dalam wajan panas. Tambahkan juga sayuran lainnya.

2. Panggang

Dengan memanggang, kita tidak perlu menambahkan minyak goreng untuk melapisi bahan makanan. Meskipun, metode ini memang membuat makanan perlu waktu sedikit lebih lama untuk dimasak, hingga akhirnya berwarna kecokelatan dan terpanggang dengan baik.

Baca Juga: Cukup Pakai Daun Pisang, Ini Cara Menggoreng Telur Mata Sapi Tanpa Minyak

3. Kukus

Mengukus adalah cara memasak dasar dan sederhana tanpa menambahkan lemak, namun tetap mempertahankan nutrisi penting, warna, serta rasa makanan yang diolah. Ini bisa menjadi alternatif memasak tanpa minyak goreng lainnya.

4. Rebus

Cara satu ini baik digunakan untuk mengolah sayuran. Gado-gado, pecel, karedok biasanya menggunakan sayuran yang sudah direbus. Namun dengan metode ini, sayuran tetap mempertahankan tekstur alaminya.

5. Bakar

Kuliner khas Indonesia tidak asing dengan metode membakar. Sebut saja sate, ayam bakar, maupun ikan bakar. Masakan bakal memiliki rasa dan aroma yang khas apalagi jika dibakar di atas arang kayu tertentu. Kadang proses pembakaran memerlukan lemak tambahan agar tidak lengket.

Baca Juga: Di Tengah Kelangkaan Minyak, KKP Imbau Ikan Dimasak tanpa Digoreng

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x