Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Pesawat Kargo Tiongkok Sebarkan Chemtrail | News Or Hoax

Kompas.tv - 7 Maret 2022, 09:15 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar sebuah informasi melalui pesan singkat yang menyatakan bahwa terdapat sebuah pesawat cargo asal tiongkok yang mendarat di bandara Soekarno-Hatta yang diklaim telah menyebarkan chemtrail, yaitu sebuah senjata biologis di seluruh wilayah indonesia.

Namun, setelah dicek kebenaranya, informasi yang beredar adalah tidak benar. Informasi yang beredar memiliki konteks yang salah. Memang benar pesawat kargo tiongkok mendarat di bandara Soekarno-Hatta pada 20 januari 2022 lalu. Namun jika disebut pesawat tersebut menyebarkan chemtrail adalah tidak benar atau hoaks.

Pesawat tersebut mengangkut pesawat yang dibeli oleh pt ber inisial uri, yang merupakan salah satu maskapai di Indonesia. Pt uri bertanggung jawab atas angkutan yang dibawa pesawat asal tiongkok tersebut yang seharusnya memberi tahu otoritas bandara 48 jam sebelum menuju ke bandara Soekarno-Hatta. Atas kejadian tersebut, kantor imigrasi bandara Soekarno-Hatta telah mengamankan dan memeriksa dua awak kru asal tiongkok cp airlines dengan nomor penerbangan CYZ25.

Dengan demikian, klaim pesawat kargo tiongkok mendarat di bandara soekarno-hatta tanpa izin dan menyebarkan chemtrail adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x