Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

4 Tips Merawat Kabel Charger Ponsel Agar Tidak Mudah Rusak

Kompas.tv - 4 Maret 2022, 06:10 WIB
4-tips-merawat-kabel-charger-ponsel-agar-tidak-mudah-rusak
Semua eletronik, termasuk ponsel di Uni Eropa wajib menggunakan charger USB tipe C. (Sumber: Wikimedia Commons)
Penulis : Dian Septina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satu perangkat ponsel yang paling rentan rusak adalah kabel charger. Kabel-kabel tersebut terdiri dari serat tembaga yang tipis dan kecil sehingga jika tidak menggunakannya secara hati-hati tentu akan mudah putus atau rusak.

Beberapa faktor membuat kabel charger rusak biasanya dikarenakan kebiasaan pengguna yang menggunakan dan menggulung kabel sembarangan, sehingga mudah tertekan atau tertarik dan membuat kabel charger putus.

Simak 4 hal yang harus dibiasakan dalam merawat kabel charger ponsel agar tetap awet:

1. Gulung kabel dengan lembut

Satu hal yang paling sering dihiraukan beberapa pengguna yaitu menggulung kabel dengan sembarangan. Menggulung kabel secara sembarang akan membuat kabel mudah tertekan dan tentu saja menjadi rentan rusak.

Gulunglah dengan longgar sebanyak tiga sampai empat kali gulungan dan menyelipkan ujung kabel dengan rapi di antara gulungan tersebut.

2. Simpan kabel charger dengan baik

Seperti disinggung sebelumnya, setelah menggulung kabel charger HP dengan baik, simpan kabel pada tempat yang aman salah satunya case/kotak pelindung kabel charger.

Baca Juga: Selamat Tinggal Charger Apple dan HP Lama! Semua Elektronik Wajib Gunakan USB Tipe C

3. Tidak menekuk kabel saat dicolokkan

Saat melakukan pengisian daya, sebaiknya perhatikan ruang dan kendur saat mencolokkannya. Artinya, usahakan tidak melakukan pengisian daya pada tempat yang dirasa terjepit atau tidak memiliki ruang cukup.

Jika tetap memaksakan mengisi daya di ruang yang sempit akan membuat kabel terpaksa menekuk dan membuat kabel menjadi tegang dan tertekan.

4. Tarik kabel perlahan setelah digunakan

Hal yang perlu diperhatikan saat melepas kabel dari ponsel ketika selesai mengisi daya, jangan langsung menariknya lewat gulungan kabelnya.

Sebaiknya tarik kabel charger melalui ujung yang menghubungkannya pada perangkat. Melalui ujung kabel tersebut akan membuat kabel charger lebih awet.

Baca Juga: Hati-Hati! Hacker Bisa Curi Data Pribadi Lewat Fasilitas Charger di Bandara dan Mall

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x