Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Kopi Pahit Dan Jahe Dapat Sembuhkan Covid-19 | News or Hoax

Kompas.tv - 7 Februari 2022, 10:15 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Sebuah narasi pada sebuah foto menjelaskan bahwa mengonsumsi kopi pahit akan meningkatkan dorongan untuk buang air kecil, sehingga virus korona akan terbuang bersama air seni yang dikeluarkan. Sedangkan Sedangkan menghirup bubuk jahe kering dapat menyembuhkan Covid-19 varian omicron. Pada potongan video dituliskan narasi yang diklaim sebagai unggahan zarir udwadia, seorang ahli paru dan peneliti yang berasal dari india.

Ahli patologi klinis universitas sebelas maret surakarta tonang dwi ardyanto menyatakan, klaim minum kopi pahit dapat mengatasi varian omicron adalah tidak benar. Kopi memang mengandung diuretik sehingga mendorong lebih sering dan lebih banyak urine, seberapa derajatnya tergantung respons masing-masing tubuh. Namun tidak ada kaitannya dengan penyembuhan Covid-19 varian omicron.

Mengenai menghirup jahe kering untuk mengobati Covid-19 omicron yang ada pada video yang diklaim sebagai video Zarir Udwadia adalah tidak benar. Wajah pria yang ada dalam video berbeda dengan foto dokter Zarir Udwadia.  Menurut The National Academies of Sciences Engineering and Medicine, mengonsumsi jahe tidak dapat mencegah dan menyembuhkan Covid-19. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x