Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Kerap Dibuang, Air Rebusan Mi Instan Justru Bermanfaat bagi Tanaman

Kompas.tv - 8 Agustus 2021, 18:54 WIB
kerap-dibuang-air-rebusan-mi-instan-justru-bermanfaat-bagi-tanaman
ilustrasi masak mi instan. (Sumber: SHUTTERSTOCK/Ika Rahma H via Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Biasanya kebanyakan orang setelah merebus mi instan kemudian langsung membuang air rebusannya. Padahal, ternyata air rebusan tersebut memiliki manfaat.

Bagi Anda pecinta tanaman dan ahli perkebunan, air bekas rebusan mi instan bisa sangat berguna. Beberapa penelitian menunjukkan menyiram tanaman dengan air rebusan mi intan ternyata memberi efek positif.

Danielle Nierenberg, Presiden organisasi nirlaba Food Tank menyarankan untuk tidak langsung membuang air bekas rebusan mi instan.

"Jika Anda membuat pasta atau mi, jangan sia-siakan air rebusan bekas dengan menuangkannya ke saluran pembuangan. Sebaliknya, biarkan dingin, dan gunakan untuk menyirami tanaman," kata Nierenberg.

Tanaman akan lebih cepat tumbuh dibanding menyiramnya dengan air biasa. Hal ini terjadi karena air rebusan mi instan mengandung mineral yang cukup tinggi.

Baca Juga: Makan Sahur dengan Mi Instan, Apa Efeknya Bagi Tubuh?

Saat memasak mi dengan air mendidih, ada banyak pati dari mi instan yang larut dalam air. Selain itu, ada pula vitamin dan mineral yang ikut larut selama mi direbus. Kandungan yang larut inilah yang membuat air bekas rebusan mi instan berwarna kuning keruh.

Tanaman menyukai pati dan nutrisi tersebut sangat bagus untuk mendorong pertumbuhan tanaman dan bertindak sebagai pupuk.

Menyiram tanaman dengan air bekas rebusan mi instan akan jauh lebih baik daripada menyiramnya dengan air tanah biasa. Hal ini dibenarkan oleh Ahli Pembibitan East River, South Dakota.

“Tidak hanya hemat biaya dan cerdik, memberikan air bekas rebusan mi instan pada tanaman sama seperti memberi pupuk agar tanaman Anda tumbuh lebih stabil" ungkap Dakota.

Air bekas rebusan mi instan ini bisa digunakan untuk menyiram tanaman apa saja, baik di pot atau di taman. Meski demikian, pastikan bahwa air rebusan tidak diberi bahan tambahan, misalnya bumbu atau garam.

Baca Juga: Makan Kuah dari Rebusan Mi Instan, Amankah?

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x