Kompas TV feature inspirasi musik

Hari Musik Nasional: Jubir Presiden Dengarkan Aspirasi Musisi

Kompas.tv - 9 Maret 2021, 19:51 WIB
hari-musik-nasional-jubir-presiden-dengarkan-aspirasi-musisi
Dubes Indonesia untuk Kerajaan Inggris, Desra Percaya di acara Hari Musik Nasional - World Vaccine Update (8/3/2021) (Sumber: LIA SUNDAH - KORESPONDEN KOMPASTV)
Penulis : Sadryna Evanalia

NEW YORK, KOMPAS.TV - Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjorel Rachman beserta sejumlah Duta Besar Indonesia di berbagai negara mendengarkan aspirasi para musisi secara daring di Hari Musik Nasional, Selasa, 9 Maret 2021.

Peringatan Hari Musik Nasional ini diselenggarakan oleh warga Indonesia di seluruh dunia yang tergabung dalam komunitas World Vaccine Update secara daring pada Senin, 8 Maret 2021.

Stave Tuwaidan, salah satu seniman musik daerah yang pernah sukses memainkan lagu Indonesia Raya dengan Kolintang di puncak Gunung Kelabat, Minahasa Utara berharap agar para seniman juga mendapatkan prioritas vaksin.

“Semoga Pemerintah dapat memberikan para seniman prioritas untuk mendapatkan vaksin supaya dapat terus berkarya,” ujarnya.

Selain itu, hadir pula Dahlan Iskan dalam acara ini. Dahlan Iskan menjelaskan musik sangat berperan untuk menjaga kesehatannya pada usianya saat ini. Dahlan, yang pernah menjalani operasi kanker hati di Tianjin, Tiongkok, membagi pengalamannya saat menghadapi operasi besar dengan bantuan musik. 

“Begitu masuk ruang operasi, saya tidak ingat apa-apa lagi. Saya diberi headset, dan yang terdengar adalah lagu rock yang paling top pada saat itu di seluruh RRT,” ujarnya bersemangat.

Acara diskusi daring World Vaccine Update memperingati Hari Musik Nasional (8/3/2021) (Sumber: LIA SUNDAH - KORESPONDEN KOMPASTV)

Yang berbeda pada diskusi kali ini adalah penjelasan dari Dharma Oratmangun yang selain berbagi cerita seputar Covid, juga melalui koleksi pribadinya, menjelaskan sejarah dilahirkannya Hari Musik Nasional.

“Pencanangan Hari Musik Nasional dilaksanakan di Istana Negara pada 9 Maret 2003 oleh Ibu Megawati Soekarnoputri,” kenangnya. Dharma juga menjelaskan bahwa ia bukan hanya memperjuangkan Hari Musik Nasional ini bukan sekedar upacaranya. Musik, jelas berperan dalam membentuk karakter bangsa,” jelas Dharma. 

Carmanita, cucu sekaligus ahli waris Ibu Soed, juga turut menjelaskan sejarah ditulisnya lagu Tanah Airku, yang diiringi oleh permainan saksofon Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Desra Percaya. 

Lagu ini, memang terasa arti khusus bagi sebagian peserta yang memang tinggal di luar negeri dan berharap bisa pulang kampung 

“Lagu ini adalah ungkapan kegelisahan dan kerinduan akan tanah air, dan diciptakan pada saat Mbah (Ibu Soed-red) Sedang berada di New York untuk memimpin delegasi Indonesia di World Fair,” cerita Carmanita yang juga terkenal sebagai desainer batik kondang ini.

Tidak ketinggalan Rhoma Irama, yang hadir melalui tayangan video, menyampaikan salam pada seluruh peserta. “Semoga sehat selalu,” ujarnya seraya melambaikan tangan.

Bukan hanya soal musik, acara ini juga berbagi informasi mengenai vaksin AstraZeneca yang telah tiba di Indonesia. Indra Rudiansyah, M.Si., alumni ITB yang sedang mengikuti riset vaksin Covid-19 di Oxford, secara khusus hadir untuk menjelaskan proses pembuatan vaksin.

“Vaksin bisa efektif sampai 80-90% untuk mencegah kita terinfeksi virus Covid-19,” jelas Indra.

Selain Fadjroel Rachman sejumlah Duta Besar yang turut bergabung adalah Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Desra Percaya, Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok Djauhari Oratmangun, Duta Besar RI untuk Kuba Nana Yuliana, dan Konsul Jenderal RI di New York, Amerika Serikat Arifi Saiman. 

Sementara Musisi yang hadir antara lain Addie MS, Vina Panduwinata, Claudia Emmanuela Santoso (The Voice of Germany 2019), Donny Hardono (Konser 7 Ruang), Tasya Rifalia, Edo Kondologit, Erens F. Mangalo, Harry Sabar, Omen Norman Sentani (OM PSP), Dharma Oratmangun, Steve & Coconut Treez,  Stave Tuwaidan, Gatut Suryo (ASKOMIK), dan James F. Sundah selaku penyelenggara acara. 

Turut hadir beberapa tokoh pers lintas generasi antara lain Dahlan Iskan, Jos Katoppo, dan Wendi Putranto, disertai beberapa tenaga medis yang juga sekaligus seniman/ penyanyi yaitu dr. Aswin Sastrowardoyo (Chaseiro), dr. Ari Kusuma (Geronimo), dr. Ragilda Rachma, dan dr. Wahyu S. Affarah.

Juga hadir beberapa tenaga media senior antara lain dr. Roy Sibarani, dr. Lis Surachmiati Suseno, dr. Irmia Kusumadewi, dr. Ali Alkatiri, dan dr. Kristina Setiawan.

Adapun acara World Vaccine Update (Bahasa Indonesia) diselenggarakan setiap Senin, Pk. 22:00 WIB, dan terbuka bagi siapa saja. Zoom ID: 814-5632-6831 / password: vaksin. Rekaman episode sebelumnya dapat dilihat di: https://bit.ly/36ram56
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x