Kompas TV entertainment lifestyle

Jalani New Normal, Ini Tips Pakar Bila Anda Harus Beli Makan Siang di Luar

Kompas.tv - 13 Juni 2020, 06:00 WIB
jalani-new-normal-ini-tips-pakar-bila-anda-harus-beli-makan-siang-di-luar
Ilustrasi Makan siang, beli makanan (Sumber: Pixabay)
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Tidak terasa, Jakarta kini sudah memasuki tahap transisi PSBB dengan memperbolehkan beberapa lokasi publik untuk dibuka secara bertahap.

Langkah ini diambil tentunya dengan beragam peraturan baru yang cukup ketat dari pemerintah. Dari pembatasan jumlah orang yang berkumpul di satu area hingga pemberlakuan sangsi jika kita tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah.

Perkantoran juga tidak luput dari peraturan baru tersebut.

“Hal yang sederhana tetapi penting untuk diperhatikan oleh para pekerja kantoran sebenarnya adalah sarapan dan makan siang. Selain kita membutuhkan gizi yang diperlukan tubuh, aspek higienitas dan kebersihan sebaiknya juga tidak disepelekan,” ujar Rachel Olsen, Nutrition Expert Youvit gummy multivitamin dalam siaran persnya kepada KompasTV, Sabtu (13/6/2020).

Berkaitan dengan pentingnya nutrisi, Rachel membagikan pula beberapa tips yang bisa diaplikasikan selama bekerja di kantor. 

Usahakan persiapkan makan siang sendiri dari rumah

Dengan menyiapkan makanan dari rumah, standar kebersihan makanan yang kita konsumsi bisa kita jaga dan kontrol. Selain itu, kita bisa lebih leluasa membuat bekal dengan gizi yang tinggi. Rachel menyarankan bekal ini mengikuti konsep isi piringku. Jadi 35% karbohidrat berserat tinggi (kentang, nasi merah, ubi, dll), 35% sayuran hijau, 15% lauk berprotein tinggi (ikan, tahu, tempe, ayam dada) dan 15% buah-buahan. Perlu diingat juga untuk membawa peralatan makan dan minum sendiri dari rumah.

Harus membeli makan siang di luar? Terapkan juga 3J.

Nah, kalau membeli makanan di luar, perlu eksra perhatian. Pertama, cek apakah yang menjual makanan memakai masker dan tidak menyentuh langsung makanan.

Serta, cari tempat makan yang tidak ramai untuk mengurangi interaksi langsung dengan orang banyak. Selain itu, penting untuk menerapkan 3J (Jumlah, Jenis dan Jadwal makan yang benar).

Porsi dan jenis makanan sebaiknya mengikuti anjuran isi piringku. Sedangkan jadwal makan disarankan juga konsisten pada pagi (6-7), siang (12-13) dan malam (18-19). Tiga aspek ini dapat memaksimalkan kerja sistem pencernaan dan metabolisme tubuh yang berdampak pada kekebalan tubuh.

Jangan lupa sarapan bernutrisi sebelum berangkat ke kantor

Rachel menyarankan untuk sarapan yang tinggi vitamin dan mineral, supaya imunitas tubuh terjaga saat memulai hari. Contohnya dengan makan buah-buahan seperti pisang, papaya, alpukat, jambu, edamame dan masih banyak lagi. Selain itu, bisa juga konsumsi Youvit multivitamin. Hal ini penting agar kita bisa lebih maksimal memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk menjaga daya tahan. Kandungannya juga seimbang dan lengkap dengan 10 vitamin dan 2 mineral.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x