Kompas TV entertainment lifestyle

5 Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Melawan Rasisme

Kompas.tv - 4 Juni 2020, 19:27 WIB
5-cara-yang-bisa-anda-lakukan-untuk-melawan-rasisme
Ilustrasi rasis (Sumber: Kompas.com (Ekaterina Minaeva))
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Setiap orang punya peran penting untuk bersolidaritas melawan rasisme. Kita bisa memulainya dengan membangun pola pikir yang positif. Kematian George Floyd tentu dianggap sebagai momen bagi seluruh dunia untuk bangkit melawan rasis.

Mengutip Unicef, tindak rasisme memang akan meninggalkan bekas luka yang dalam dan abadi. Berikut adalah lima hal yang dapat Anda dan keluarga Anda lakukan sekarang untuk membantu menciptakan masyarakat yang lebih adil.

UNICEF mengutuk rasisme dalam bentuk apa pun.

Selama lebih dari 70 tahun, UNICEF telah membantu anak-anak yang terjebak dalam konflik. Setiap anak, setiap anak muda, layak untuk tumbuh dengan setiap kesempatan untuk keselamatan dan setiap kesempatan untuk berhasil. Diskriminasi, kekerasan dan rasisme menyebabkan kerugian besar, meresahkan masyarakat dan meninggalkan bekas luka abadi bagi anak-anak dan keluarga.

Berikut 5 cara Anda lakukan untuk melawan rasisme.

1. Dengarkan cerita mereka

Perhatikan suara orang yang mengalami rasisme setiap hari. Bagikan kisah mereka dengan teman dan keluarga Anda. Dengan mendengarkan, itu bisa menumbuhkan simpati lebih dalam.

2. Baca banyak media

Anda perlu banyak membaca media termasuk media komunitas yang wewakili suara rasisme.Jika Anda melihat sesuatu di media sosial atau di koran yang mencerminkan tindakan rasis, tinggalkan komentar atau tulis surat kepada editor untuk memberi tahu orang lain bahwa pernyataan tidak toleran itu tidak baik dan tidak pantas.

3. Ajari anak-anak tentang kebaikan, hak asasi manusia

Berikan contoh yang bagus. Bicaralah dengan anak-anak Anda secara teratur tentang perbedaan dan rasisme. Jelaskan bahwa rasisme adalah sistem ketidakadilan dan memiliki sejarah panjang. Setiap manusia memiliki hak untuk merasa aman dan dihargai dan diperlakukan secara adil.

4. Berdiri untuk orang yang dilecehkan

Jika Anda melihat seseorang dilecehkan atau diserang secara fisik, penting untuk membantu jika Anda dapat melakukannya dengan aman. Jadikan kehadiran Anda sebagai saksi dikenal. Lakukan kontak mata dengan orang yang diserang dan tanyakan apakah mereka menginginkan dukungan. Jangan memperburuk situasi.

Ketika publik berdiri dalam solidaritas, pelaku intimidasi kehilangan kekuatan mereka. 

5. Mendukung organisasi hak asasi manusia

Ada sejumlah organisasi yang giat perjuangkan atas hak kelompok ras yang alami rasisme. Anda bisa ikut berdonasi di sana.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x