Kompas TV entertainment lifestyle

Cara Merekam Panggilan Video di Aplikasi Skype

Kompas.tv - 20 Mei 2020, 23:44 WIB
cara-merekam-panggilan-video-di-aplikasi-skype
Ilustrasi apilkasi Skype (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di masa pandemi corona (covid-19) ini, panggilan video atau video call sedang menjadi tren. Sering kali obrolan dalam video call bernilai penting, baik untuk urusan personal maupun profesional.

Misalnya saja ketika mengadakan rapat virtual bersama rekan-rekan kerja di lokasi berbeda, atau saat mencurahkan isi hati ke orang terkasih. Seringkali percakapan tersebut sangat penting dan orang butuh untuk merekamnya.

Kebanyakan orang saat ini menggunakan aplikasi zoom untuk melakukan video call. Selain bisa mengundang banyak orang dalam satu pertemuan, zoom juga menyediakan fitur perekam, yang memungkinkan penggunanya untuk merekam panggilan video mereka.

Namun, ternyata tidak hanya zoom yang memiliki fitur rekaman. Skype juga bisa, lho!

Layanan video call Skype sudah dibubuhkan fitur bertajuk “Call Recording”. Sesuai namanya, Call Recording memungkinkan pengguna merekam video call yang dirasa penting.

Lantas, bagaimana cara mengoperasikan Call Recording?

Anda bisa memulai perekaman kapan saja selama video call di desktop maupun perangkat mobile.

Cukup tekan tanda plus (+) yang muncul saat panggilan dilakukan, lantas pilih opsi “Start Recording”.

Ketika mulai merekam, semua orang yang berinteraksi dalam video call akan diberi notifikasi. Hal ini untuk menjunjung tinggi prinsip transparansi sehingga tak ada yang merasa dirugikan di kemudian hari.

Jika ingin menyetop perekaman, cukup tekan opsi “Stop Recording” yang bersisian dengan status durasi. Skype akan merekam video di masing-masing antarmuka layar pengguna yang saling berinteraksi.

Setelahnya, Anda bisa menyimpan dan membagikan rekaman tersebut hingga 30 hari ke depan. Jika Anda ingin menyimpannya dalam waktu yang lebih lama, bisa mengunduh video tersebut dan simpan di memori smartphone atau desktop, sebagaimana dihimpun Kompas.tv, Rabu (20/5/2020), dari blog resmi Skype.

Caranya, klik video yang tercantum di ruang chat, lalu pilih opsi “Save to Download”. Video akan tersimpan dalam format MP4.

Selamat mencoba!




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x