Kompas TV entertainment film

Perankan Tokoh Antagonis dalam Oppenheimer, Robert Downey Jr Raih Piala Oscar 2024

Kompas.tv - 11 Maret 2024, 11:37 WIB
perankan-tokoh-antagonis-dalam-oppenheimer-robert-downey-jr-raih-piala-oscar-2024
Robert Downey Junior meraih penghargaan Oscar 2024 sebagai Aktor Pemeran Pendukung Terbaik, Minggu (10/3/2024) atau Senin (11/3) WIB. (Sumber: Jordan Strauss/Invision/AP)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Robert Downey Jr. membawa pulang piala Aktor Pemeran Pendukung Terbaik Oscar 2024 untuk aktingnya dalam film karya sutradara Christopher Nolan, Oppenheimer.

Dalam Oppenheimer yang memborong 13 nominasi Piala Oscar 2024, aktor Amerika Serikat (AS) itu memerankan tokoh antagonis, Lewis Strauss.

Saat menyampaikan pidato kemenangan, Downey Jr. mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya dalam Oppenheimer, termasuk Nolan, produser Emma Thomas dan lawan mainnya serta sesama nomine Oscar 2024, Cillian Murphy dan Emily Blunt.

“Saya ingin berterima kasih kepada masa kecil saya yang buruk dan Academy – secara berurutan,” ujarnya berkelakar di atas panggung Dolby Theatre, Los Angeles, California, AS, Minggu (10/3/2024) atau Senin (11/3) WIB.

Baca Juga: Bawaslu Awasi Ketat Proses Pemungutan Suara Ulang di Malaysia

Downey Jr. akhirnya bisa merasakan panggung Oscar sebagai aktor pemeran pendukung terbaik. Aktor 58 tahun itu juga mengucapkan terima kasih kepada penata gaya, staf humas, dan manajernya.

“Inilah rahasia kecilku. Saya membutuhkan pekerjaan ini lebih dari yang membutuhkan saya. Chris mengetahuinya. (Produser Emma Thomas) memastikan bahwa dia mengelilingi saya dengan salah satu pemain dan kru terhebat sepanjang masa, Emily, Cillian. Itu luar biasa."

"Dan saya berdiri di sini di hadapan Anda sebagai pria yang lebih baik karenanya, termasuk penata gayaku, dan semuanya,” kata Downey Jr., dikutip Variety.

Ia juga berkelakar saat menyampaikan terima kasih kepada sang istri, Susan Downey.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada dokter hewan saya - maksudnya istri saya, Susan Downey yang ada di sana. Dia mencarikanku hewan peliharaan penyelamat yang menggeram dan kau mencintaiku hingga hidup kembali. Itu sebabnya saya di sini," katanya.

Koleksi trofi Downey Jr. sebagai Aktor Pendukung Terbaik semakin bertambah setelah Oscar 2024.

Sebelumnya, dia telah menang di Golden Globes, Critic's Choice Awards, SAG Awards, dan BAFTA Film Awards untuk kategori dan film yang sama.

Baca Juga: Perumusan Perma Pencegahan Konflik Kepentingan - MA NEWS

Saat menang di BAFTA Film Awards, Downey Jr. menjadi berita utama karena menyebut Nolan telah memulihkan kredibilitasnya setelah ia menghabiskan lebih dari satu dekade di Marvel Cinematic Universe sebagai Iron Man atau Tony Stark, peran yang sudah melekat pada dirinya.


 



Sumber : Kompas TV, Variety


BERITA LAINNYA



Close Ads x