Kompas TV entertainment selebriti

Profil Komeng, Pentolan Grup Lawak Diamor yang Siap Melenggang ke Senayan

Kompas.tv - 16 Februari 2024, 13:36 WIB
profil-komeng-pentolan-grup-lawak-diamor-yang-siap-melenggang-ke-senayan
Foto komedian Komeng di surat suara DPD Jawa Barat. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Alfiansyah Bustami alias Komeng, sepertinya tinggal menunggu ketuk palu resmi KPU untuk menuju ke Senayan sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Keikutsertaan Komeng pada kontestasi Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) DPD 2024 diketahui masyarakat umum usai foto dirinya ada di surat suara hingga akhirnya viral di sosial media.

Perolehan suara sementara hingga Jumat (16/2/2024) terus melesat sendirian. Dalam hasil perhitungan KPU, pantuan KompasTV pukul 13.01 WIB, Komeng sudah memperoleh suara 781.263 atau 10,45 persen untuk DPD Jawa Barat (Jabar).

Baca Juga: Pertempuran Caleg Artis di Jatim 1, Ini Suara Ahmad Dhani, Tom Liwafa hingga Arzeti Bilbina

Komeng merupakan pria kelahiran 25 Agustus 1970, yang  dikenal sebagai seorang pelawak, pengisi suara, penyiar radio, dan presenter Indonesia.

Dirinya mengawali kariernya sebagai pelawak lewat grup lawak Diamor yang beranggotakan Mamo, Jarwo Kwat dan Rudi Sipit, aksinya disiarkan di TPI pada 1993 -1996.

Ayah 3 anak ini pernah menjadi penyiar Radio SK Jakarta sejak 1993 hingga 1996 dan Bens Radio Jakarta pada 1996, mengutip Wikipedia.

Juga pernah membintangi beberapa serial komedi seperti "Kompor Diamor" (1991), "Akal-Akalan" (1996), "Otak-Otak Kuda" (1996), "Malioboro" (1996), "Putri Duyung" (2001-2002), dan "Lola & Liliput" (2002-2003).

Suami dari Aprilliana Indra Dewi ini sebelum menjadi komedian, pernah kuliah di Akademi Bisnis Indonesia, namun tidak tamat.

Selama berkuliah ia pernah menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat ABA-ABI di tahun 1990.


 

Komeng juga sempat berpindah tempat kuliah, pada April 2018 ia berhasil meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana Bekasi dengan judul skripsi "Pengaruh Disiplin dan Pemberdayaan terhadap Profesionalisme Anggota Persatuan Seniman Komedi Indonesia Jawa Barat".

Alasan Maju DPD RI

Komeng mengatakan alasannya maju sebagai DPD RI di kontestasi Pileg 2024, salah satunya adalah untuk memperjuangkan suara-suara rekan satu profesinya agar didengar.

Selain itu, jika terpilih nanti, salah satu misinya adalah membahagiakan masyarakat Jawa Barat lewat komedi.

Baca Juga: Tamara Tyasmara Jalani Tes Psikologi terkait Pembunuhan Dante oleh Kekasihnya: Mohon Doanya

"Saya memang tidak bisa mensejahterakan rakyat Jawa Barat, tapi paling tidak saya bisa membahagiakan, karena dengan komedi itu trigger untuk kebahagiaan," ucap Komeng, mengutip TribunJabar.

"Mudah-mudahan lewat situ insya Allah saya akan menghidupkan semua gedung kesenian yang ada di Jawa Barat, biasanya kalau tidak salah setiap Kabupaten-Kota itu ada (gedung kesenian),"

"Untuk masyarakat seminggu sekali mendapatkan hiburan di wilayahnya masing-masing dengan lewat komedi, dengan lewat apa berkesenian. Paling nggak kalau dia sudah bahagia, dia akan tenang akan menuju sejahtera. Insya Allah seperti itu," pungkas Komeng.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x