Kompas TV entertainment musik

Ananda Sukarlan Jadi Warga Indonesia Pertama yang Menerima Penghargaan Sipil dari Spanyol

Kompas.tv - 23 November 2023, 13:38 WIB
ananda-sukarlan-jadi-warga-indonesia-pertama-yang-menerima-penghargaan-sipil-dari-spanyol
Ananda Sukarlan menerima penghargaan Real Orden de Isabel la Católica, yang diberikan oleh Duta Besar Spanyol untuk Indonesia, di Jimbaran Hall, pada Jumat, (17/11/2023) (Sumber: Dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Pianis dan komposer Indonesia, Ananda Sukarlan, menjadi warga Indonesia pertama yang menerima penghargaan Ordo Kerajaan Isabella Katolik (Real Orden de Isabel la Católica).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Duta Besar Spanyol untuk Indonesia, Francisco Aguilera Aranda, di Jimbaran Hall, Gran Melia Hotel, Jakarta, pada Jumat (17/11/2023).

Penghargaan ini merupakan tanda kehormatan sipil Spanyol yang diberikan kepada individu dan lembaga sebagai pengakuan atas jasa luar biasa terhadap Tanah Air, atau promosi hubungan internasional dan kerja sama dengan negara lain.

Sukarlan meraih penghargaan tertinggi sipil Spanyol sebagai pengakuan atas kontribusinya dalam dunia musik. Penghargaan ini diberikan oleh Raja Spanyol, yang menetapkan Menteri Luar Negeri sebagai Kanselor Agungnya.

Baca Juga: Ungguli Perusahaan Energi se-Asia, PLN Sukses Borong 5 Penghargaan Bergengsi dari Enlit Asia

Sebelumnya pada 2020, lulusan Canisius College High School Jakarta tahun 1986 dan Koninklijk Conservatorium (Royal Conservatory of Music) di Den Haag, Belanda, ini pernah dianugerahi gelar kebangsawanan "Cavaliere Ordine della Stella d'Italia" oleh Presiden Italia, Sergio Mattarella.

Tidak sampai di situ, sebagai seniman Indonesia pertama yang diundang oleh Portugal setelah hubungan diplomatik antara Indonesia dan Portugal pada tahun 2000, Sukarlan juga pernah menerima banyak pengakuan non-pemerintah, termasuk Prix Nadia Boulanger di Orleans, Prancis.

Baca Juga: Peringati Milad ke-66, Uhamka Beri Penghargaan Alumnus Relawan di Palestina

Ananda Sukarlan mengungkapkan rasa syukurnya kepada Indonesia dan Spanyol. Dalam pidato penerimaan penghargaan, ia menyatakan, "Saya seorang seniman, dan saya hanya melakukan pekerjaan saya untuk membawa keindahan dan kedamaian melalui musik."

"Indonesia adalah negara kelahiran saya, dan Spanyol telah membesarkan dan merawat saya sejak saya lulus dari Belanda, jadi wajar jika saya berterima kasih kepada kedua negara ini. Jika saya dihormati dengan pengakuan sebesar ini, itu adalah bonus yang sangat saya hargai. Nah, tidak buruk untuk sebuah bonus." tambahnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Kamis (23/11/2023).

Pada kesempatan ini, Sukarlan juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada tokoh-tokoh penting dalam hidupnya, termasuk mantan Presiden Indonesia, B.J. Habibie, dan Abdurrachman Wahid (Gus Dur), yang pernah berkolaborasi dengannya di masa lalu.

Baca Juga: Kadin DKI Berikan Penghargaan ke Pengusaha Peduli Lingkungan

Selain itu, ia juga membagikan berita tentang dua proyeknya yang akan diluncurkan akhir tahun ini.

Proyek pertama ada Sony Classical, yang akan merilis karya barunya, "The Springs of Vincent," berdasarkan lukisan mata air Vincent Van Gogh, yang akan dipentaskan oleh pemain flut Eduard Sanchez.

Sedangkan proyek kedua ada film dokumenter Rainha Boki Raja yang juga akan diluncurkan, dengan musik latar yang dibuat oleh Ananda Sukarlan dan narasi oleh aktris terkenal Christine Hakim (yang juga menerima gelar ksatria dari dua negara: Orde Matahari Terbit dari Jepang dan Ordre des Arts et des Lettres dari Perancis).



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.