Kompas TV entertainment film

Film Dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso Tayang Hari Ini di Netflix

Kompas.tv - 28 September 2023, 13:09 WIB
film-dokumenter-ice-cold-murder-coffee-and-jessica-wongso-tayang-hari-ini-di-netflix
Perjalanan kasus kopi sianida Jessica Wongso yang dijadikan film dokumenter Netflix, tayang mulai hari ini, Kamis 28 September 2023. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Film dokumenter Netflix berjudul “Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso” tayang hari ini, Kamis (28/9/2023). Film ini membahas kasus kopi sianida yang menewaskan Wayan Mirna Salihin pada 2016 lalu.

Kasus tersebut menjadi sorotan masyarakat dalam waktu yang cukup lama. Persidangan kasus kopi sianida juga ditampilkan secara langsung dan bisa disaksikan melalui televisi.

Film “Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso” disebut akan memberikan pandangan dan jawaban atas pertanyaan publik yang tak terjawab selama di persidangan.

Baca Juga: Jejak Kasus Kopi Sianida (II): Dua Sahabat Karib dan Curhatan Berakhir Kematian

"Film dokumenter ini memaparkan pertanyaan-pertanyaan tak terjawab yang melingkupi persidangan Jessica Wongso, bertahun-tahun setelah kematian sahabatnya, Mirna Salihin," sambungnya.

Pada trailer yang telah dirilis oleh Netflix sebelumnya, persidangan demi persidangan akan dimunculkan dalam film dokumenter tersebut, sejumlah narasumber juga ditanyai perihal kebenaran kasus kopi sianida tersebut.

Kronologi Kasus Kopi Sianida

Peristiwa meninggalnya Wayan Mirna Salihin terjadi di Kafe Olivier, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, pada 6 Januari 2016 lalu. Kala itu, Mirna, Jessica Kumala Wongso, dan Hani Boon Juwita mengadakan pertemuan.

Menurut rekaman CCTV yang ditayangkan di persidangan, Jessica pertama kali tiba di Kafe Olivier pada pukul 15.30 WIB untuk memesan meja di ruangan tanpa asap rokok. 

Dua menit setelah dilayani oleh resepsionis bernama Aprilia Cindy Cornelia, Jessica meninggalkan kafe tersebut. Pukul 16.14 WIB, dia kembali dengan membawa tas tas kertas.

Baca Juga: Jejak Kasus Kopi Sianida (III): Mirna Salihin Tewas di Meja No.54 Kafe Olivier, Jessica Tersangka

Dia lalu diantar resepsionis ke meja 54, lalu diberikan menu. Resepsionis mundur dan pesanan Jessica ditangani pelayan. Pada menit 16.22 WIB, Jessica menutup pemesanan (close bill) dan melakukan pembayaran di kasir diantar seorang pelayan bernama Marlon Napitupulu.

Sekitar satu menit kemudian, Agus Triyono membawa pesanan Jessica berupa es kopi Vietnam. Agus berada di meja nomor 54 itu dari pukul 16.24 WIB hingga 16.26 WIB untuk menyajikan kopi.


 

Pukul 17.17 WIB, Hani dan Mirna datang. Mereka sempat berpelukan dengan Jessica. Mirna lantas duduk di tengah, diapit Jessica di sisi kiri dan Hani di sisi kanan.

Mirna pun mengaduk kopi dan meminumnya. Beberapa menit kemudian, Mirna mulai merasa panas pada mulutnya, kemudian dia pingsan dengan posisi bersandar di sofa.

Baca Juga: Jejak Kasus Kopi Sianida (IV): Panasnya Persidangan, Alotnya Pembuktian Jessica Wongso

Pukul 17.27 WIB, mereka meninggalkan Kafe Olivier ke klinik di mal, lalu dilarikan ke Rumah Sakit Abdi Waluyo. Tak berselang lama, Mirna mengalami kejang-kejang serta mulutnya juga mengeluarkan buih. Nyawa Mirna tak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo.

Ayah Mirna yang merasa kematian putrinya janggal pun melapor ke Polsek Metro Tanah Abang. Pada 29 Januari 2016, Jessica ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Mirna.

Sidang pun bergulir hingga pada 27 Oktober 2017, Jessica dinilai terbukti bersalah dan divonis hukuman 20 tahun penjara.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x