Kompas TV entertainment film

Sinopsis Film Dokumenter The Devil on Trial, Kisah Nyata yang Menginspirasi The Conjuring 3

Kompas.tv - 21 September 2023, 16:35 WIB
sinopsis-film-dokumenter-the-devil-on-trial-kisah-nyata-yang-menginspirasi-the-conjuring-3
Ilustrasi potongan film The Devil on Trial. (Sumber: netflix)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Film dokumenter berjudul The Devil on Trial dijadwalkan tayang pada 17 Oktober 2023 di situs layanan streaming Netflix. Film dokumentar ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang turut menginspirasi pembuatan film The Conjuring 3

Film dokumenter bergenre thriller dan horor ini berlatar sebuah kasus yang terjadi di Amerika Serikat pada 1981. Melansir laman IMDb, film dokumenter The Devil on Trial mengisahkan seorang pria bernama Arne Cheyenne Johnson. Johnson yang saat itu masih berusia 19 tahun mengaku telah membunuh tuan tanahnya, Alan Bono, karena dirasuki oleh setan.

Kasus Johnson kerap disebut sebagai kasus “iblis membuat saya melakukannya”. Pembunuhan brutal di Connecticut tersebut menarik perhatian para ahli demonologi dan penyelidik paranormal Ed dan Lorraine Warren.

Baca Juga: Sinopsis Film Target, Perjalanan Shin Hye Sun Mengungkap Pembunuh Berantai yang Mengancam Nyawanya

Pasangan paranormal tersebut sebelumnya dikenal karena penyelidikan mereka terhadap tempat berhantu yang terkenal di Amityville, Long Island. The Devil on Trial menceritakan peristiwa-peristiwa meresahkan yang mengarah pada pembunuhan Bono, persidangan, dan setelahnya.

Persidangan Johnson juga menggunakan kesaksian langsung dari orang-orang yang paling dekat dengan kasus tersebut, termasuk setan. Persidangan Johnson sangat menarik perhatian publik dan media. 

Banyak orang yang skeptis terhadap klaim kepemilikan setan. Tetapi ada juga beberapa orang yang percaya bahwa Johnson benar-benar dirasuki oleh setan.

Pada akhirnya, Johnson dinyatakan tidak bersalah atas pembunuhan berencana. Namun, ia dinyatakan bersalah atas pembunuhan tingkat dua karena tidak sengaja membunuh Bono. 


Johnson dihukum 10 tahun penjara, tetapi ia hanya menjalani hukuman selama 5 tahun. Kasus Johnson merupakan kasus yang unik dan kontroversial. 

Kasus ini menjadi satu-satunya kasus di Amerika Serikat di mana kepemilikan setan digunakan sebagai pembelaan dalam persidangan pembunuhan. Kasus ini juga menimbulkan pertanyaan tentang hubungan antara agama dan hukum.

Baca Juga: Mulai Tayang Hari Ini, Sinopsis Film Sleep Call Angkat Isu Kesehatan Mental

Film dokumenter The Devil on Trial menjadi sorotan karena untuk pertama kalinya orang-orang yang terlibat peristiwa tersebut memberikan kesaksian.

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x