Kompas TV entertainment selebriti

Perjalanan Kasus Senpi Dito Mahendra: Ditangkap setelah 4 Bulan jadi Buron, Musuh Nikita Mirzani

Kompas.tv - 8 September 2023, 19:39 WIB
perjalanan-kasus-senpi-dito-mahendra-ditangkap-setelah-4-bulan-jadi-buron-musuh-nikita-mirzani
Keberadaan Dito Mahendra yang misterius dipertanyakan oleh hakim. Majelis Hakim Kejari Serang meminta agar Dito Mahendra dihadirkan dalam sidang pencemaran nama baik dengan terdakwa Nikita Mirzani (Sumber: Sonora)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Polri) akhirnya menangkap tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata api (senpi) ilegal, Dito Mahendra.

Penangkapan tersebut berhasil dilakukan setelah Dito Mahendra menjadi buron selama empat bulan. Namanya masuk ke daftar pencarian orang (DPO) sejak 2 Mei 2023.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtippidum) Bareskrim Polri Brigjen Djuhandhani Rahardjo membenarkan kabar penangkapan Dito. Dia bilang, pihaknya segera memeriksa Dito.

Baca Juga: Polisi Temukan Kembali Senjata Api Saat Penangkapan Dito Mahendra di Bali

Awal Mula Kasus

Kasus dugaan kepemilikan senpi ilegal ini bermula dari penggeledahan yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di rumah dan kantor Dito Mahendra di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 13 Maret 2023 lalu.

Penggeledahan ini berkaitan dengan penyidikan kasus dugaan tindak pidana pencucian uang mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Nurhadi.

Saat penggeledahan dilakukan, petugas KPK menemukan 15 senjata api, sembilan di antaranya merupakan senpi ilegal.

Kala itu, keberadaan Dito tidak diketahui sehingga pihak kepolisian terus melakukan pencarian. Pengusaha itu juga beberapa mangkir dari panggilan pemeriksaan terkait kasus tersebut.

Pada 17 April 2023, Dito Mahendra ditetapkan sebagai tersangka. Dia dijerat Pasal 1 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1951 terkait kepemilikan senjata api.

Waktu berlalu, panggilan polisi diabaikan, nama Dito Mahendra pun masuk ke DPO pada 2 Mei 2023.
Kamis (7/9/2023), polisi berhasil menangkap Dito di sebuah vila di kawasan Canggu, Badung, Bali.

Dia ditangkap tanpa perlawanan dan langsung dibawa ke Jakarta. Polisi juga menemukan sebuah senpi di lokasi penangkapan.

Baca Juga: Update Dito Mahendra, Nikita Mirzani Bikin Pantun: ke Pluto Makan Ikan Teri, Akhirnya Dito Masuk Bui

Musuh Nikita Mirzani

Sebelum kasus senpi yang menjeratnya, nama Dito Mahendra beberapa kali berseliweran. Pria yang disebut sebagai kekasih artis Nindy Ayunda ini pernah berurusan hukum dengan artis Nikita Mirzani.

Dito Mahendra pernah melaporkan Nikita Mirzani atas kasus pencemaran nama baik pada Mei 2022. Laporan itu buntut dari postingan Instagram Story sang artis yang dinilai bermuatan penghinaan terhadap Dito.

"Ini dia muka orang yang diduga melakukan penyekapan dan pemukulan secara sadis ke mantan supir bebegig sawah, yang dilakukan di rumah ibu kandungnya bebegig, kepada kepolisian Indonesia harus adil dalam menangani kasus sadis ini," demikian isi Instastory Nikita disertai gambar Dito Mahendra.

Baca Juga: Tertangkap di Bali, Dito Mahendra Tersangka Dugaan Kepemilikan Senpi Ilegal Tiba di Bareskrim

Dito Mahendra merasa dirugikan pun melapor ke polisi. Pada 13 Juli, Nikita ditetapkan sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik terhadap Dito Mahendra. Dia menjalani masa tahanan di Rutan Kelas IIB Serang, Banten.

Singkatnya, persidangan pun bergulir di Pengadilan Negeri Serang. Pada 29 Desember 2022, Nikita divonis bebas.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x