Kompas TV entertainment selebriti

Panji Petualang Ceritakan Awal Mula Idap Diabetes, Makin Kurus, Berat Badan Turun hingga 30 Kg

Kompas.tv - 13 Agustus 2023, 09:14 WIB
panji-petualang-ceritakan-awal-mula-idap-diabetes-makin-kurus-berat-badan-turun-hingga-30-kg
Presenter Panji Petualang mengatakan bahwa dirinya sakit diabetes sehingga membuat tubuhnya semakin kurus (Sumber: Youtube/Kang Dedi Mulyadi)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aktor cum YouTuber Muhammad Panji atau dikenal dengan Panji Petualang menceritakan awal mula dirinya didiagnosis menderita penyakit diabetes.

Pawang ular ini divonis menderita penyakit diabetes saat memasuki bulan Ramadhan tahun 2023. Panji bilang bahwa dia kehilangan berat badannya hingga 30 kilogram.

“Sekalinya kena vonis diagnosa diabet, waduh itu benar-benar kayak yang ‘Hah, diabet’. (Turun) dari awalnya 95 kilogram, jadi 65 kilogram,” cerita Panji di Jakarta Selatan, Jumat (11/8).

Baca Juga: Jari Panji Petualang Sempat Digigit King Cobra, Dokter Kaget Lihat Bekas Lukanya, Kenapa?

Ditanya soal penyebab dirinya mengidap diabetes, Panji menjelaskan bahwa penyakit ini merupakan turunan. Dahulu, sang ayah juga menderita penyakit diabetes.

Selain ini, pria 34 tahun ini juga mengaku memiliki pola hidup yang tak sehat sehingga memicu timbulnya penyakit.

“Jadi abis makan malam kan kebanyakan, tidur terus abis itu makan nasi malam itu yang bahaya, makan nasi malam dan tidur. Itu yang bikin pemicu diabetnya,” ucap Panji.


Setelah mengetahui dirinya terkena diabetes, Panji pun langsung mengurangi aktivitas berat. Pasalnya, saat ini badannya jadi mudah lelah.

Tak hanya itu, dia juga rutin mengonsumsi obat-obatan dan herbal sesuai anjuran dokter. Berkat disiplin minum obat dan herbal, dia mengaku tubuhnya semakin bugar.

Baca Juga: Mengenal Diabetes, Sakit yang Diderita Panji Petualang, Benarkah Bikin Tubuh Makin Kurus?

“Aku juga ikhtiar pengobatan baik medis maupun alternatif itu kita jalani karena emang semangat sembuhnya masih tinggi,” ucap dia, seperti dikutip dari Kompas.com.

Panji Petualang bersyukur, dia memiliki orang-orang yang mendukung dan mendoakannya di tengah kesulitas karena mengidap diabetes.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x