Kompas TV entertainment seni budaya

Wakil Menteri Pertahanan Letjen (purn) Herindra: Saya Suka Kartun Sejak Kecil

Kompas.tv - 5 Agustus 2023, 12:05 WIB
wakil-menteri-pertahanan-letjen-purn-herindra-saya-suka-kartun-sejak-kecil
Wakil Menteri Pertahanan Letjen (purn) Muhammad Herindra saat melihat pameran kartun di BBJ (Sumber:Kompas.TV/Iman Firdaus)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hadir bersama komunitas seniman kartun tidak membuat Wakil Menteri Pertahanan Letjen (purn) Muhammad Herindra canggung. Dia bahkan berterus terang senang dengan kartun.

"Sejak kecil saya itu suka kartun," katanya saat diminta memberi sambutan pada acara pembukaan pameran kartun bertema "I Luv U Gudbai" di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Kamis (3/8/2023). 

Baca Juga: Pameran Kartun "I Luv U Gudbai", Paradoks Kehidupan dan Kepasrahan pada Kenyataan

Bahkan setiap minggu pagi, saat membaca koran dia selalu menyempatkan diri melihat-lihat kartun. "Karena kartun itu mengeritik tapi tidak menyakiti," kata lelaki kelahiran Magelang, Jawa Tengah, 30 November 1964 peraih Adhi Makayasa itu. 

Meski hadir dalam pameran dengan undangan yang mendadak, tidak mengurangi antusiasmenya melihat setiap karya. "Ada karya soal pertahanan nggak?" katanya.


Sambil berkeliling menikmati setiap karya yang dipamerkan, membuatnya bertanya dan sesekali diselingi dengan tertawa.   

Pameran ini diisi oleh delapan kartunis terdiri dari Beng Rahadian, Cahyo Heryunanto, Ika W Burhan, M. Syaifuddin Ifoed, M.Nasir, M.Najib, Supriyanto dan Thomdean.

Dalam pengantar pameran disebutkan, seni kartun kerap menawarkan pandangan baru secara kritis sebagai alternatif dari realitas sehari-hari yang dianggap membosankan karena bersifat final, kartun berbicara dalam dunia paralel.

Baca Juga: Kompas Gramedia-Astra Tampilkan Pameran Seni Rupa dan Teknologi Digital RE-IDENTIFY

Tema “I love you goodbye” diangkat dalam pameran ini sebagai tawaran pada para kartunis untuk memunculkan tema tentang sikap ikhlas dan kemauan melepaskan diri dari ikatan pada hal-hal yang bersifat kesementaraan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x