Kompas TV entertainment seni budaya

Pementasan Wayang Orang Arjuna Wiwaha Hadir di Jakarta Minggu 9 Juli 2023 Besok

Kompas.tv - 7 Juli 2023, 08:15 WIB
pementasan-wayang-orang-arjuna-wiwaha-hadir-di-jakarta-minggu-9-juli-2023-besok
Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia bersama Sanggar Seni Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat akan mementaskan Fragmen Wayang Orang dengan lakon Arjuna Wiwaha, Minggu (9/7/2023) besok. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (SENAWANGI) bekerja sama dengan Sanggar Seni Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat akan mementaskan Fragmen Wayang Orang dengan lakon "Arjuna Wiwaha".

Pertunjukan ini akan berlangsung pada Minggu, 9 Juli 2023, pukul 15.00 WIB di Teater Kautaman Gedung Pewayangan Jakarta.

Pementasan ini merupakan bagian dari program Teater Wayang Indonesia (TWI) tahun 2023 yang berfokus pada pengangkatan Karaton sebagai sumber kebudayaan.

Baca Juga: Sedekah Bumi di Dukuh Krajan: Wayang Kulit dengan Dalang Ki Nanang Wisnu

Tujuannya adalah untuk memperkenalkan seni budaya adi luhur kepada generasi muda.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.tv, Jumat (7/7), Karaton Surakarta Hadiningrat akan membawa 65 seniman yang terdiri dari penari, pengrawit, dan tim kreatif.

Rombongan akan dipimpin langsung oleh Ketua Lembaga Dewan Adat Karaton Surakarta Hadiningrat, GKR. Koes Moertiyah Wandansari (Gusti Moeng), dengan sutradara KPH. Raditya Lintang Sasongka, dan penata artistik Dr. RT. Dibyagunadipuro, S.Sn. M.Sn.

Baca Juga: Sempat Tertunda 3 Kali, Dalang Wayang Kulit Asal Ponorogo Ini Akhirnya akan Berangkat Haji!

Sebelum acara dimulai, pada pukul 14.00 WIB, penonton dapat berbincang langsung dengan GRAy. Koes Moertiyah, salah satu putri Pakoe Boewono XII, dalam talk show bertajuk "Nilai-Nilai Seni Budaya Karaton Surakarta".


Kisah favorit Paku Buwana III

Cerita "Arjuna Wiwaha" adalah kisah favorit Raja Paku Buwana III dan sangat relevan dengan situasi bangsa Indonesia saat ini yang sedang menyiapkan pemimpin masa depan.

Dengan menonton pentas Fragmen Wayang Orang "Arjuna Wiwaha", penonton akan mendapatkan gambaran tentang figur pemimpin yang mumpuni dan pantas dijadikan panutan.

Baca Juga: Slamet Hariyadi Miliki 200 Koleksi Wayang untuk Bawakan Cerita Pewayangan

Pementasan ini terbuka untuk masyarakat umum dan merupakan bagian dari acara PENTAS PESONA KEJAYAAN SENI BUDAYA KERATON-KERATON JAWA.

Acara ini akan diawali oleh Karaton Surakarta Hadingrat pada bulan Juli, dan selanjutnya akan menyusul Karaton Kasultanan Yogyakarta, Pura Mangkunegaran, Pura Pakualaman dan Karaton Kanoman Cirebon.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan pertunjukan ini dan merasakan kekayaan budaya Indonesia melalui wayang orang "Arjuna Wiwaha".



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x