Kompas TV entertainment selebriti

Tips agar Tak Loyo saat Puasa ala Olla Ramlan: Makan Kurma dan Air Putih saat Sahur

Kompas.tv - 8 April 2023, 15:43 WIB
tips-agar-tak-loyo-saat-puasa-ala-olla-ramlan-makan-kurma-dan-air-putih-saat-sahur
Tips puasa ala Olla Ramlan. (Sumber: Instagram/ollaramlan)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Artis Olla Ramlan membagikan tips agar tidak loyo saat puasa. Rupanya, dia memiliki kebiasaan yang unik saat sahur sehingga ibadah puasa tidak menghalanginya untuk tetap produktif.

Kebiasaan tersebut adalah tidak makan berat atau makan berlebihan saat sahur. Olla Ramlan mengaku hanya makan kurma dan air putih.

“Kalau di Jakarta, aku sahur cukup kurma dan air putih,” kata Olla Ramlan di Jakarta Selatan, Jumat (7/4/2023), sebagaimana diberitakan Warta Kota.

Baca Juga: Cara Unik Membangunkan Sahur Ala Pemuda Kota Palu

Adapun, jumlah kurma yang dimakan adalah sebanyak tujuh buah. Menurutnya, kebiasaan tersebut tidak membuatnya cepat lapar di siang hari.

Kebiasaan tersebut juga diturunkan perempuan 43 tahun itu kepada anaknya. Anak-anak Olla Ramlan juga tidak makan berat saat sahur.

“Anakku juga nggak terlalu banyak makan saat sahur. Nggak ada yang istimewa saat sahur,” tutur dia.

Adapun saat berbuka, Olla Ramlan baru menyantap nasi dan makanan berat lainnya. Sebelum makan berat, dia terlebih dahulu minum teh hangat agar perut tidak kaget.

“Saat buka puasa, pakai yang manis dulu, minum teh hangat, salat, kemudian makan besar. Malam harinya akan makan lagi,” jelas mantan istri Aufar Hutapea itu.

Melansir Kompas.com, makan berlebih saat sahur memang memiliki dampak negatif saat puasa. Sebagian dari kita mungkin mengira, makan banyak saat sahur dapat meningkatkan energi saat puasa.

Baca Juga: Waspada! Aksi Pencurian Sepeda Balap Terekam CCTV Jelang Waktu Sahur

Nyatanya, makan berlebih saat sahur justru menyebabkan ketidaknyamanan, seperti rasa lelah, lesu, hingga mudah mengantuk.

Pasalnya, organ tubuh bekerja lebih keras untuk mengolah makanan yang masuk. Untuk memecah makanan, lambung akan menghasilkan asam klorida yang dapat naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan mulas.

Untuk itu, ada baiknya untuk memilah makanan dan makan secukupnya saat sahur.


 

 

 




Sumber : Warta Kota


BERITA LAINNYA



Close Ads x