Kompas TV entertainment selebriti

Tegaskan Tak Ada Masalah dengan Once, Ahmad Dhani: Ada Dugaan Penggelapan dari EO

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 10:45 WIB
tegaskan-tak-ada-masalah-dengan-once-ahmad-dhani-ada-dugaan-penggelapan-dari-eo
Ahmad Dhani tegaskan hubungannya dengan Once Mekel baik-baik saja. (Sumber: YouTube/VIDEO LEGEND)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani,  menegaskan bahwa hubungannya dengan Once Mekel baik-baik saja.

Diketahui, pada Selasa (28/3/2023) Ahmad Dhani memberi pengumuman di depan awak media yang melarang Once membawakan lagu-lagu Dewa 19.

"Saya sama Once enggak ada masalah, baik-baik saja," kata Ahmad Dhani disela jumpa pers konser 51 Tahun Kerajaan Cinta, di Prestige Motorcars Pluit, Jakarta Utara, Selasa (28/3/2023) petang, dikutip dari Wartakota.

Menurutnya,  soal royalti performance rights lagu Dewa 19 tidak bisa ditanyakan langsung dengan Once melainkan, Event Organizer (EO).

Suami Mulan Jameela itu menilai, Once tidak berkekuatan hukum yang pas untuk berbicara soal royalti lagu Dewa 19 yang dibawakannya di luar konser resmi band tersebut.

Baca Juga: Ahmad Dhani Ungkap Alasan Larang Once Bawakan Lagu Dewa 19: Kemurnian Lagu Tidak Terjaga

"Bukan Once. Jadi jangan ditanyaian ke Once. Once ini bukan EO dan bukan juga pencipta lagu, jadi tidak tepat," ungkapnya.

Terkait hal ini, Ahmad Dhani menduga ada penggelapan royalti yang dilakukan oleh EO.

Pasalnya, ia baru mengetahui kalau banyak EO yang tidak memberikan data kepada organisasi yang mengurus hak cipta, Wahana Musik Indonesia (WAMI), saat mengajak Once Mekel manggung di acaranya.

"Ini masih terus ditelusuri, biarkan saja WAMI yang bekerja. Kalau data dari WAMI, ya ada dugaan atau indikasi penggelapan royalti dari EO. Rencananya kami akan tindak," ujar Ahmad Dhani.

Sebelumnya, Ahmad Dhani sempat memperingatkan para EO untuk meminta izin terlebih dulu kepada WAMI sebelum menggunakan karyanya.


 

"Jadi EO wajib untuk meminta izin kepada WAMI ketika akan mengadakan sebuah konser di manapun di wilayah Indonesia maupun di Malaysia, Singapura, itu harus ada surat dari Wami untuk performing rights," kata Dhani di Jakarta Selatan, Rabu (1/3/2023), dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Soal Debat Royalti Lagu Ahmad Dhani vs Once Mekel, Begini Penjelasan Pengamat Musik

Namun, peraturan tersebut tak berlaku bagi para penyanyi kafe yang ingin menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 atau Ahmad Dhani.

"Untuk pemain band kafe silakan nyanyikan lagu-lagu saya, Dewa 19, sebanyak-banyaknya gratis, itu yang bayar kan nanti kafenya, pemain bandnya enggak bayar," kata Dhani.

Hal itu juga berlaku bagi para penyanyi yang ingin membawakan lagu-lagunya di platform YouTube.

"Terus untuk penyanyi cover YouTube juga silakan nyanyi aja karena saya enggak ada hubungannya. Itu sudah diurus sama publishing masing-masing," jelasnya.



Sumber : Wartakota, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x