Kompas TV entertainment selebriti

Profil Ki Joko Bodo: Sarjana Ekonomi yang Jadi Paranormal, Ternyata Pernah Punya Boyband

Kompas.tv - 22 November 2022, 16:42 WIB
profil-ki-joko-bodo-sarjana-ekonomi-yang-jadi-paranormal-ternyata-pernah-punya-boyband
Profil Ki Joko Bodo, mantan paranormal yang meninggal hari ini, Selasa (22/11/2022). (Sumber: Instagram/Tiktok)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabar duka menyelimuti dunia hiburan Tanah Air, di mana Ki Joko Bodo meninggal dunia pada hari Selasa (22/11/2022), sekitar pukul 09.57 WIB.

Kabar duka itu dikonfirmasi oleh anak Ki Joko Bodo, Ayda Prasasti. Jenazah Ki Joko Bodo rencananya akan dimakamkan hari ini di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus, Jakarta Timur.

Ki Joko Bodo atau Agus Yulianto merupakan sosok yang terkenal dengan penampilannya sebagai seorang paranormal. Pria yang kerap tampil dengan rambut gondrong dan pakaian serba hitam ini memiliki kisah hidup yang cukup unik.

Baca Juga: Kronologi Ki Joko Bodo Meninggal Dunia, Sempat Mandi Pagi dan Berjemur Bersama Keluarga

Sarjana Ekonomi

Di balik penampilannya yang misterius, Ki Joko Bodo rupanya seorang sarjana ekonomi dari salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta.

Melansir Kompas.com, setelah lulus kuliah, Ki Joko Bodo berusaha mencari pekerjaan dengan modal ijazah S1-nya itu. Pria kelahiran Bali itu pun mengupayakan mimpinya menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS).

Sekitar 16 kali dia melamar ke berbagai departemen dan posisi, tetapi selalu ditolak. Ki Joko Bodo bahkan merasa ijazahnya tak berguna.


Baca Juga: Jenazah Ki Joko Bodo Dimakamkan Hari Ini, Bendera Kuning Sudah Terpasang

Banting setir jadi paranormal

Setelah lama menganggur, Ki Joko Bodo pun bangkit dan menerima keadaan. Dia bahkan menjalani berbagai profesi demi bisa bertahan hidup, mulai dari menyemir sepatu hingga mengamen.

Singkatnya, dia memutuskan untuk merantau ke Jakarta bersama sang istri. Berawal dari mengamen, dia mulai mencoba peruntungan dengan menjadi paranormal.

Praktik paranormal Ki Joko Bodo berlangsung puluhan tahun di Istana Wong Sintinx yang merupakan kediamannya di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur. Tempat itulah yang menjadi lokasinya untuk menjalankan ritual dan bertapa.

Sebagai paranormal, Ki Joko Bodo melayani berbagai hal, seperti santet, ilmu kebal, pesugihan, pengasihan, pelet, jimat judi, susuk, hingga jimat jaran goyang.

Baca Juga: Ki Joko Bodo Meninggal Dunia, Sempat Jatuh Sakit hingga Tak Bisa Berjalan

Pernah dirikan boyband

Melansir Suryamalang.com, Ki Joko Bodo rupanya pernah mendirikan sebuah boyband yang diberi nama “3 Mantra”, singkatan dari tiga manusia tradisional.

Boyband yang didirikan pada tahun 2006 itu beranggotakan Ki Joko Bodo, Ki Joko Wasis, dan Ki Joko Yono. Mereka mengusung musik beat modern.

Tahun 2011, saat boyband dan girlband menjamur, 3 Mantra pun merilis single berjudul "Kadukuniku".

 



Sumber : Kompas.com/Suryamalang.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x