Kompas TV entertainment musik

Gitar Hancur Fender Mustang Kurt Cobain Laku Rp7 Miliar di Pelelangan

Kompas.tv - 15 November 2022, 22:00 WIB
gitar-hancur-fender-mustang-kurt-cobain-laku-rp7-miliar-di-pelelangan
Kurt Cobain saat tampil di MTV Unplugged 1993. (Sumber: (ANTARA/MTV Unplugged))
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gitar Fender Mustang 1973 Kurt Cobain yang dihancurkan saat manggung pada 1989 lalu telah terjual di pelelangan seharga 486.400 dolar AS atau sekitar Rp7 miliar.

Mengutip People, gitar tersebut terjual dalam lelang tahunan yang diadakan Julien's Auctions “Icons & Idols: Rock ‘N’ Roll Auction” di New York.

Uang senilai Rp7 miliar tentu saja adalah angka yang cukup fantastis bagi sebuah gitar yang sudah hancur. Namun, harga itu disebut setimpal dengan sejarah yang ada di balik gitar tersebut.

Baca Juga: Gitar Kurt Cobain di MTV Unplugged Terjual Rp 85 Miliar dan Pecahkan Rekor

Gitar tersebut menjadi salah satu instrumen saat Nirvana manggung di Kuil Sonic, Wilkinsburg, Pennsylvania. Gitar itu hanya dimainkan sebanyak dua kali, termasuk dalam tur pertama Nirvana di Amerika Serikat.

Pada penampilan di Club Dreamerz di Chicago, Illinois, sehari sebelum manggung di Pennsylvania, Cobain juga membawa gitar tersebut.

"Setelah pertunjukan itu, band itu tinggal di Sluggo Cawley dari apartemen band Hullabaloo, di mana Cobain melihat Gibson SG yang hancur tergantung di dinding Cawley," demikian keterangan dari Julien’s Auction. 

"Cobain menawarkan untuk menukarnya dengan Fender Mustang yang dia hancurkan pada 9 Juli karena dia pikir dia bisa memperbaiki Gibson SG dengan cukup baik untuk menghancurkannya lagi nanti."

Sluggo pun menyetujuinya dan meminta tanda tangannya mewakili Nirvana dan menambahkan gambar bunga. 

Baca Juga: Netizen Riuh Komentari Harry Style Bakal Tur Asia 2023, tapi Tak Mampir Indonesia

Selain gitar Kurt Cobain yang hancur, lebih dari 1.500 lot disertakan dalam pelelangan tersebut, termasuk sejumlah barang dari Beyonce, Prince, dan Carrie Underwood.

Kacamata ikonik yang dikenakan John Lennon pun dijual. Barang legendaris itu terjual lebih dari 80.000 dolar AS atau sekitar Rp1,2 miliar.


 



Sumber : People


BERITA LAINNYA



Close Ads x