Kompas TV entertainment selebriti

Jalan Depan Rumah Erina Gudono Calon Mantu Jokowi Diaspal, Kadin PU Sleman: Itu Masuk Kawasan KSCT

Kompas.tv - 10 November 2022, 16:32 WIB
jalan-depan-rumah-erina-gudono-calon-mantu-jokowi-diaspal-kadin-pu-sleman-itu-masuk-kawasan-ksct
Proses pengaspalan di jalan depan rumah Erina Gudono menjelang pernikahan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep. Panjang jalan yang diaspal adalah 387 meter, dari Jl. Lombok hingga Jl. Kaliurang, Yogyakarta. (Sumber: Kompas.com/Yustinus Wijaya Kusuma)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Sleman (Kadin PU Sleman) Taufiq Wahyudi buka suara soal pengaspalan ruas jalan depan rumah Erina Gudono, calon menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Taufik menjelaskan bahwa daerah kediaman Erina Gudono masuk dalam Kawasan Strategis Cepat Tumbuh (KSCT). Pengajuan pengaspalan jalan pun dari pihak desa.

“Oh tetap itu, secara aturan (pengusulan pengaspalan) dari masyarakat, dari desa. Jadi itu kan masuk kawasan KSCT, mengajukannya tetap melalui proposal,” jelas Taufiq, Rabu (9/11/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Jelang Nikahan Kaesang: Selain Pengaspalan, Kompleks Masjid Dekat Rumah Erina Juga Dipasangi Konblok

Taufik menegaskan bahwa pengajuan pengaspalan jalan di semua kawasan diperlakukan secara sama.

“Perlakuannya sama,” imbuhnya.

Sebagai informasi, menurut Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, KSCT merupakan kawasan budi daya yang memiliki nilai strategis dan berpotensi untuk cepat tumbuh sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi bagi kawasan di sekitarnya yang relatif masih tertinggal.

Lebih lanjut, Taufiq juga menjelaskan bahwa biaya pengaspalan di Kabupaten Sleman menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Dari APBD. (Total biaya) sekitar Rp193 juta,” pungkasnya.

Baca Juga: Jadwal Penuh, MUA Asal Sukoharjo Akui Menyesal Tolak Merias Kaesang-Erina

Diberitakan sebelumnya, jalan depan rumah Erina Gudono yang berada di Jalan Lombok, Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta diaspal, menjelang pernikahan Kaesang dan Erina pada 10 Desember 2022 mendatang.

Pelaksana pengaspalan, Suprianto, mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan tugas untuk mengaspal jalanan di sekitar rumah Erina Gudono.

"Dari rumahnya calon besannya Pak Jokowi sampai Jalan Kaliurang. Panjangnya 387 meter," kata Suprianto, Rabu (9/11).

Baca Juga: Akad Nikah Kaesang dengan Erina 10 Desember 2022, Utusan Jokowi Datangi KUA Banjarsari Solo

Tak hanya pengaspalan jalan, tanah kosong di kompleks Masjid Al Hidayah dekat rumah kekasih Kaesang Pangarep itu juga akan dipasang paving konblok.

Saat ditanya apakah pengaspalan dan pemasangan paving itu dilakukan dalam rangka persiapan pernikahan Kaesang, Suprianto mengaku tak tahu detail pengajuannya.

“Setahu kami seperti itu (pernikahan Kaesang dan Erina), tetapi lebih detail terkait permohonan, kami tidak tahu, kami hanya pelaksana,” jelasnya.


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x